Truk Listrik: Masa Depan Industri Logistik

(Sumber: Intertraffic)

Logistik merupakan salah satu industri dengan metrik emisi tertinggi. Maka dari itu, dalam pencarian solusi untuk mengurangi emisi, muncullah konsep truk elektrik. Dalam 15 tahun yang akan datang, truk elektrik akan menggantikan truk konvensional di sebagian besar belahan dunia. Di tahun 2035, pasar truk elektrik di Eropa, Amerika Utara, dan Tiongkok diperkirakan akan mendominasi 70% dari pasar truk elektrik di dunia. 

Truk elektrik menawarkan solusi bagi industri logistik untuk menjawab masalah-masalah yang dihadapi. Pertama, truk elektrik merupakan kendaraan yang rendah emisi, bahkan bisa sepenuhnya menghilangkan emisi jika digunakan oleh seluruh industri. Kedua, truk energi memiliki biaya operasional yang rendah. Truk elektrik tergolong sebagai kendaraan dengan tingkat efisiensi energi tinggi dan memungkinkan mengkonversi energi kinetik menjadi energi listrik. Hal tersebut tentunya akan membuat penurunan yang signifikan dalam modal yang dikeluarkan untuk bahan bakar, sehingga akan menurunkan biaya operasional perusahaan secara keseluruhan.

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan truk elektrik tidak hanya akan menguntungkan bagi perusahaan logistik, tetapi juga akan berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Penggunaan truk elektrik sebagai masa depan industri logistik akan membawa dunia ke arah yang lebih baik dengan mendukung kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan juga konsumen. Inovasi-inovasi di bidang logistik yang berkaitan dengan penurunan emisi diharapkan akan selalu berlanjut untuk mendukung industri logistik yang ramah lingkungan dan efisien.

Sumber:

1. Thalmair, A. PwC. Retrieved from PwC.com: https://www.strategyand.pwc.com/de/en/industries/transport/the-dawn-of-electrified-trucking.html

Mireyva Lordeshia