Sosial Media dalam Sektor Industri

Sosial Media dalam Sektor Industri

Sumber: https://www.sekawanmedia.co.id/media-sosial-untuk-bisnis/

Rynaldo Tandiono

2440061953

 

Perkembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) berkontribusi sangat besar pada pertumbuhan dan kemajuan bidang industri. Hal itu dapat dilihat dari revolusi industri pertama (1.0) yang diawali dengan penemuan mesin uap, yang diteruskan dengan inovasi energi listrik, komputer, dan terus berkembang sampai saat ini yaitu era revolusi industri keempat (4.0). Revolusi industri 4.0 ini dimulai dari terciptanya teknologi internet, dimana efisiensi menjadi fokus utama. Pada era ini, teknologi internet mengubah berbagai ide dan imajinasi menjadi inovasi nyata. Media sosial adalah salah satu perealisasiannya untuk membuat jarak, baik lokal maupun global menjadi tidak berarti lagi karena mudahnya komunikasi.

Media sosial merupakan media komunikasi online (daring) yang dapat diakses melalui perangkat khusus (seperti smartphone dan komputer) yang menggunakan jaringan internet. Media sosial yang banyak digunakan pada saat ini di antaranya adalah Youtube Instagram, Twitter, Line, Facebook, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, teknologi ini (smartphone, komputer, dan internet) semakin murah dan mudah didapat. Mudahnya akses dan penggunaan media sosial juga, mengakibatkan pengguna media sosial meningkat tajam, termasuk juga dalam sektor industri.

Penggunaan media sosial dalam sektor industri terfokus pada marketing industri dan ditujukan untuk meraih jangkauan konsumen yang berskala besar. Industri dapat mengikuti tren dalam masyarakat sekarang yang didapat melalui survey atau melalui kata kunci yang banyak dicari di internet. Tidak hanya itu, review atau ulasan dari para konsumen juga mudah meraih produsen (industri) sehingga kualitas dan kinerja di industri dapat terus ditingkatkan. Selain itu, advertising atau periklanan mengenai industri dapat dilakukan dengan berbagai alternatif yang mudah dan murah agar lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas. Iklan dapat dilakukan melalui video dan postingan berita mengenai produk yang dihasilkan, inovasi, prosedur atau cara kerja, dan kelebihan-kelebihan lain yang dapat ditonjolkan dalam industri. Oleh karena itu, masyarakat pengguna media sosial dapat mengetahui kualitas dan gambaran dari industri tersebut.

Media sosial akan terus berkembang dan penggunanya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, dan hal itu tidak dapat dihindari. Tren dari media sosial ini dimanfaatkan dalam bidang industri untuk mengenalkan produk, inovasi-inovasi terbaru, proses, pengetahuan, dan lain sebagainya. Tujuan dari tren tersebut adalah untuk memberikan kesan industri yang baik kepada masyarakat, maupun industri yang lain. Selain itu, media sosial dapat mempererat hubungan industri dengan masyarakat atau konsumen sehingga hubungan dan kepercayaan mudah didapatkan.

 

Sumber :

Roberson, V. (2019). Peran Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Kreatif. sosio e-kons, 101-105. Retrieved from industrialmarketer.

Rynaldo Tandiono