Perkembangan Fashion Industry di Indonesia selama Pandemi

Sumber: (https://statik.tempo.co/data/2015/03/02/id_375690/375690_620.jpg)

Gambar Fashion Show

Industri fashion atau yang biasa dikenal sebagai dunia mode merupakan salah satu sektor industri yang berpotensi dapat mendorong perekonomian di Indonesia. Pada masa awal pandemi, sektor pakaian sempat mengalami kerugian karena penurunan penjualan yang cukup drastis sebesar 34% pada bulan Januari sampai Maret 2020. Namun, seiring berjalannya waktu perkembangan trend fashion di luar negeri semakin beragam dan mulai menggemparkan trend fashion di Indonesia. Saat ini program Making Indonesia 4.0 telah melibatkan sektor industri tekstil dan pakaian untuk menjadi salah satu sektor prioritas dalam program ini. Kinerja ekspor yang sudah dilakukan sektor fashion industri pada tahun 2020 ini memberikan kontribusi sebesar 6,76% kepada PDB industri pengolahan nonmigas. 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta kepada seluruh stakeholder yang berhubungan dengan fashion industri untuk terus memajukan fashion industri nasional dengan bangga menggunakan dan mempromosikan produk lokal dalam negeri. Banyaknya trend fashion dari luar negeri yang masuk ke Indonesia berhasil menarik perhatian kalangan anak muda nasional untuk mengikuti gaya berpakaian seperti orang-orang di luar negeri. Hal ini membuat kegiatan impor pakaian di Indonesia menjadi meningkat seiring dengan harga pasar pakaian yang setelah dijual di Indonesia juga akan meningkat. Peningkatan harga pakaian yang diimpor ini ternyata mampu menciptakan berbagai inovasi desain pakaian yang terinspirasi dari trend fashion di luar negeri dengan harga yang cukup affordable bagi masyarakat Indonesia. Permasalahan harga pasar pakaian impor yang tergolong mahal ini ternyata memberikan dampak positif bagi UMKM di bidang fashion karena mulai banyak bermunculan bisnis-bisnis kecil yang menjualkan pakaian berbasis produk lokal.

 Perancangan desain yang menarik dan modern mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia untuk beralih mengikuti trend fashion dengan menggunakan pakaian dari produk lokal. Strategi bisnis yang digunakan pengusaha Indonesia dalam membuat pakaian dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar dan memberikan harga terjangkau dapat menjadi poin tambahan untuk mengalihkan masyarakat Indonesia dalam membeli produk luar. Terbukti dengan masa pandemi yang masih berlanjut sampai sekarang, sedikit demi sedikit sektor industri pakaian mampu meningkatkan perekonomian di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa fashion di Indonesia tengah tumbuh dan berpotensi besar walaupun sedang dalam masa pandemi.

Sumber:

Industri Fashion Indonesia Optimis Tumbuh di Tengah Pandemi. (2021).

Laoli, N. (2021). Kemenperin dorong peningkatan peran industri fashion dalam pemulihan ekonomi.

Winto, F. R. (2021). Produk Lokal Fashion Indonesia Mulai Digemari Masyarakat.

Tsania Qurrota Aini