Implementasi Teknologi dalam Industri Fashion

(Sumber: https://geekgoeschic.co/2012/11/27/what-will-revolutionize-fashion-3d-printers/)

Penerapan Teknologi dalam Industri Fashion

Fashion merupakan salah satu bentuk ekspresi diri seseorang. Fashion memiliki berbagai manfaat, yaitu melindungi tubuh manusia, menambah kepercayaan diri, dan menilai tingkat sosial pemakainya. Industri fashion merupakan salah satu industri kreatif dan berperan penting dalam perekonomian di Indonesia. Hal ini terbukti dengan besarnya peran industri ini terhadap industri kreatif di Indonesia. Industri ini diperkirakan industri berkontribusi 28,29 persen dari total industri kreatif di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2013. Teknologi saat ini telah berkembang pesat. Perkembangan teknologi yang pesat tentunya mempengaruhi berbagai aspek kehidupan tak terkecuali industri fashion. Teknologi seperti penerapan 3D printing, big data, dan internet of things kini telah diterapkan dalam industri fashion.

Penerapan teknologi pada industri fashion dapat pada penggunaan 3D printing pada pakaian. 3D printing biasa digunakan pada pakaian yang memiliki lapisan. Penerapan 3D printing sangat bermanfaat bagi produsen pakaian. Proses pembuatan pakaian yang menggunakan mesin 3D printing dimulai dengan membuat model dalam bentuk 3D pada software 3D modelling kemudian dilanjutkan dengan melakukan proses printing pada mesin 3D printing. 3D printing sangat bermanfaat bagi produsen pakaian karena dapat menghemat waktu produksi. Pola dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen dan kebutuhan pasar dengan mudah karena pada prosesnya menggunakan software 3D modelling. Manfaat lainnya, yaitu proses revisi desain dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dan produsen dapat menghemat biaya produksi.

Penerapan teknologi lain dari industri fashion adalah penerapan big data. Big data berarti kumpulan data yang sangat besar. Big data dalam dunia bisnis bermanfaat untuk mengumpulkan informasi dari pelanggan sehingga kebutuhan konsumen dapat lebih dikenal. Data-data yang dikumpulkan dalam industri fashion biasanya berkaitan dengan material, desain, dan tipe tubuh. Data tersebut kemudian akan diolah dan menghasilkan rekomendasi bagi para konsumen. Big data sangat bermanfaat karena preferensi masyarakat dapat diketahui dan tren fashion ke depan dapat diprediksi melalui pemanfaatan teknologi ini.

Internet of things kini juga telah diterapkan di industri fashion. Internet of things memungkinkan semua orang berinteraksi dengan objek sehari-hari dengan menggunakan internet. Contoh penerapan dari internet of things dalam fashion dapat dilihat pada pakaian bayi. Pakaian bayi yang menggunakan teknologi internet of things dapat menilai pola tidur bayi dan fungsi vital bayi. Contoh lainnya dapat dilihat pada aplikasi Coded Couture. Aplikasi tersebut bermanfaat untuk melacak aktivitas penggunanya dalam merancang gaun. Pengguna dapat mendapatkan saran penambahan elemen sesuai dengan gaya pakaian yang diinginkan. 

Masih banyak penerapan lain dari penerapan teknologi dalam industri fashion. Banyak manfaat yang dirasakan melalui penerapan ini yaitu produsen dapat mengurangi biaya produksi, konsumen dapat mendapatkan desain pakaian yang diinginkan dengan lebih mudah. Penerapan teknologi dalam industri fashion telah memunculkan inovasi dan diharapkan inovasi dapat terus dilakukan kedepannya.

Sumber:

Jain, S., Bruniaux, J., Zeng, X., & Bruniaux, P. (2017). Big Data in Fashion Industry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 254(15), 152005.

Majeed, M. A., & Rupasinghe, T. D. (2017). Internet of Things (IoT) Embedded Future Supply Chains for Industry 4.0: An Assesment from an ERP-based Fashion Apparel and Footwear Industry. International Journal of Supply Chain Management, 6(1), 25-40.

Mustikarani, T. D., & Irwanysyah. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(1), 8-18.

Putra, K. S., & Sari, U. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi 3D Printing Dalam Proses Desain Produk Gaya Hidup. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 917-922.

Rangaiah, M. (2022, 1 9). Analytic Steps. Retrieved from What is the Role of IoT in the Fashion Industry: https://www.analyticssteps.com/blogs/what-role-iot-fashion-industry

Cecillia Amanda Lee