Industri Pabrik Motor

Sumber Gambar : https://lokerteen.blogspot.co.id/2017/01/lowongan-kerja-terbaru-2017-pt-astra.html?m=1

 

     Pabrik motor ternama di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) meresmikan pabrik baru di Karawang, Jawa Barat, dengan nilai investasi mencapai Rp 3,3 triliun. Dengan beroperasinya pabrik berkapasitas 1,1 juta unit per tahun tersebut diyakini bakal menjadikan AHM sebagai produsen sepeda motor Honda terbesar di dunia.

       Pabrik keempat AHM tersebut dibangun di lahan seluas 84 hektare di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat. Apabila selama ini kapasitas produksi AHM sebesar 4,2 juta unit dari tiga pabrik yang telah beroperasi, maka dengan kehadiran pabrik baru ini akan menambah kemampuan produksi menjadi 5,3 juta unit per tahun.

   Sebagai perusahaan joint venture PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. dengan komposisi saham masing masing 50 persen, AHM menginvestasikan Rp 3,3 triliun untuk memproduksi sepeda motor skutik di Karawang.

   Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma mengatakan besarnya potensi perkembangan pasar sepeda motor di Indonesia diantisipasi AHM dengan mendirikan pabrik baru yang mampu memproduksi sepeda motor Honda dalam jumlah yang lebih besar. Harapannya, AHM dapat secara konsisten memenuhi besarnya kebutuhan sepeda motor Honda di setiap segmen.

    Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM, Johannes Loman mengatakan rantai bisnis sepeda motor Honda yang tersebar di seluruh Indonesia memiliki omset bisnis mencapai Rp 80 triliun yang melibatkan 300 ribu tenaga kerja.

   Sepanjang 11 bulan pertama 2014, AHM mencatat bahwa sepeda motor Honda telah terjual sebanyak 4,67 juta unit dan memimpin pasar sepeda motor nasional dengan pangsa pasar mencapai 64 persen.

    Prijono Sugiarto, Direktur Utama PT Astra Internasional Tbk, mengatakan tiga pabrik lain yang selama ini menjadi tulang punggung bisnis AHM ada di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang, yang masing-masing memiliki kapasitas produksi 1,1 juta unit, 1 juta unit, dan 2,1 juta unit. Menyusul pabrik baru di Karawang, AHM juga tengah membangun pabrik kelimanya di areal yang sama dengan estimasi kapasitas produksi mencapai 500 ribu unit per tahun.

    Beroperasinya kelima pabrik AHM, Prijono mengatakan perusahaannya merencanakan ekspor motor Honda sebanyak 40 ribu hingga 50 ribu unit per tahun sebagai tahap awal. “AHM menjadi yang ketiga bagi grup Astra yang melakukan ekspor setelah Toyota dan Daihatsu,” ungkapnya.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20141211100152-92-17433/bangun-pabrik-baru-honda-gelontorkan-modal-rp-33-triliun

Michael Kam