Wonderful Indonesia Digital Tourism pada Revolusi Industri 4.0

 

(Sumber: https://blog.tripcetera.com/id/pemandangan-alam-indonesia/)

Raisatara Tazkia Putri Firaldi

2440023154

Dikutip dari Kompas.com, pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata II Tahun 2019, Arief Yahya, selaku Menteri Pariwisata mengatakan bahwa Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDI) Champion 4.0, merupakan upaya Kemenpar untuk menguatkan SDM pariwisata untuk menghadapi kompetisi global (Annisa Dea Widiarini, 2019). SDM yang diyakini sebagai kunci utama untuk adaptasi Kemenpar terhadap revolusi industri 4.0, akan diperkuat dengan berjalannya program pembelajaran kompetisi digital tersebut. UKM dan start up pada bidang pariwisata di daerah-daerah destinasi wisata yang kian ramai, diharapkan untuk mengemban literasi digital sebagai bentuk adaptasi pada era serba canggih ini. Pada program WIDI Champion 4.0, pemasaran destinasi alam dan wisata nusantara perlu dilakukan dengan digitalisasi pula (Dewi Aminatuz Zuhriyah, 2019). Dimana sebagian besar turis yang datang ke Indonesia, tertarik karena banyaknya unggahan pada dunia maya mengenai wisata nusantara. 

Influencer dan public figure memiliki pengaruh besar untuk menarik perhatian para turis dan netizen. Memiliki pengikut yang banyak, membuat para pembuat konten maya tersebut disorot setiap kegiatan sehari-harinya, termasuk semasa berlibur yang memamerkan destinasi pariwisata. Melalui fenomena sosial yang terjadi pada masa ini, netizen dan public figure tersebutlah terdorong untuk membuat unggahan yang dianggap menarik oleh pengikutnya pada sosial media secara rutin sebagai konsumsi publik. Unggahan – unggahan tersebut akan diminati oleh para pengikutnya, apabila memiliki kriteria tertentu, dimana nilai estetika tiap unggahan menjadi standar utamanya. Istilah “Instagramable” kerap  digunakan oleh para pengguna media sosial, untuk menandakan sebuah unggahan yang dinilai ciamik. Unggahan yang memamerkan keindahan wisata alam nusantara adalah salah satunya.

Unggahan yang mengandung estetika inilah yang menjadi nilai esensial bagi kesuksesan pemasaran bidang pariwisata nusantara. Dengan pengaruh media sosial dan gencarnya SDM berupa influencer, public figure, pengusaha UKM lokal, dan Aparatur Sipil Negara (ASN), program WIDI Champion 4.0 akan menjadi terobosan yang berpengaruh bagi bidang pariwisata nusantara, dan menjadi contoh konkrit upaya Kemenpar dalam beradaptasi terhadap revolusi industri 4.0.

Sumber:

Annisa Dea Widiarini. (2019, July 5). Hadapi Era Industri 4.0, Kemenpar Akan Tingkatkan SDM Pariwisata. Retrieved from Kompas.com: https://travel.kompas.com/read/2019/07/05/100000027/hadapi-era-industri-4.0-kemenpar-akan-tingkatkan-sdm-pariwisata

Dewi Aminatuz Zuhriyah. (2019, September 19). WIDI Champion 4.0 Jadi Kunci Perubahan Menghadapi Era Digital. Retrieved from Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190919/12/1150251/widi-champion-4.0-jadi-kunci-perubahan-menghadapi-era-digital

Raisatara Tazkia Putri Firaldi