HIMTI Leadership Training (HILET) 2024: “Voyage to a New World”

HILET (HIMTI Leadership Training) merupakan acara tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) Bina Nusantara yang ditujukan kepada calon aktivis. Acara ini dibentuk untuk memberikan sebuah ilmu fundamental organisasi agar calon aktivis mampu menjalankan peran sebagai anggota HIMTI dengan optimal.

Tahun 2024, HILET membawa tema yaitu “HILET: Voyage to a New World”. Tema ini ditujukan dengan landasan filosofi perjalanan para calon aktivis dari SESKAM sampai HILET. Tema bajak laut ini memberikan kesan pelayaran bagi calon aktivis menghadapi tantangan baru dan mengubah peran-peran panitia di kehidupan nyata menjadi nuansa bajak laut dengan harapan dapat memberikan analogi dan meningkatkan minat para calon aktivis. Para calon aktivis diberikan tugas yaitu menjadi bagian dari simulasi TECHNO yang sudah mereka lalui sebagai Welcoming Party School of Computer Science. Divisi yang lengkap di TECHNO menjadi wadah kreatifitas calon aktivis untuk memilih sesuai keinginan dan keunggulan mereka. Tentunya terdapat mentor yang keren dan siap untuk membimbing tiap divisi. Tempo acara ini adalah 7 hari dari 25 Februari sampai 3 Maret 2024, melalui Zoom Meetings di beberapa hari yang ditentukan.

Tanggal 25 Februari pukul 13.10 menjadi opening acara HILET 2024. Pada hari itu terdapat sambutan dari ketua HILET 2024, Karldritz Farrel Hanson, serta sesi presentasi divisi Techno oleh para mentor yang akan menemani calon aktivis selama 7 hari kedepan. Hari itu juga ditentukan siapa DPI simulasi TECHNO 2024 oleh calon aktivis melalui live voting dan pengisian divisi mana yang ingin dituju.

Lusa setelah opening HILET 2024, tepatnya tanggal 27 Februari pukul 20.10, diadakan zoom kembali untuk pembagian divisi serta briefing dengan mentor mengenai tugas yang perlu dilakukan tiap divisi. Hal tersebut dilaksanakan melalui breakout room dengan output pemahaman pembagian divisi dan ketua serta wakil ketua tiap divisi, setelah itu calon aktivis dikenalkan dengan panitia kedisiplinan yang stand by mengevaluasi jika terjadi pelanggaran aturan HILET 2024. Calon aktivis akan mengerjakan tugas mereka dan wajib mengadakan mandatory meet melalui discord sesama divisi sebagai bentuk koordinasi sejauh mana progress mereka berjalan sampai nantinya waktu yang ditunggu tiba yaitu, rapat pleno.

Satu hari sebelum rapat pleno yaitu 2 Maret 2024 pukul 20.20, diadakan rapat pra pleno melalui zoom yang menjadi bekal para calon aktivis menghadapi rapat pleno. Para calon aktivis wajib mempersiapkan bahan presentasi mereka yang nantinya diberikan saran oleh panitia ataupun mentor HILET 2024. Pemberian saran setelah presentasi sudah dilakukan, dilanjutkan dengan sesi kedisiplinan yang ada di tiap breakout room sesuai divisi untuk ditanyakan lebih lanjut mengenai hal yang telah melanggar peraturan HILET 2024. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan kalau attitude sangat penting serta mengasah argumentasi jika terjadi kesalahpahaman dari panitia kedisiplinan.