Indonesia meluncurkan 5G Smart Mining

Presiden Indonesia Joko Widodo meresmikan peluncuran teknologi 5G Smart Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI). 5G Smart Mining ini merupakan penerapan pertama teknologi 5G di industri tambang di Asia Tenggara.

Indonesia membuktikan bahwa negara kita telah bergerak lebih maju melalui penerapan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara oleh PTFI dan bekerja sama dengan Telkomsel dalam rangka mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan perusahaan.

Dengan adanya 5G Smart Mining pemerintah yakin akan membuat PTFI semakin diperhitungkan di dunia atau dalam tingkatan global dengan menghasilkan semakin banyak sumber daya manusia di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia dan dapat berkontribusi bagi kemajuan industri pertambangan di Indonesia.

Intervensi teknologi seperti penerapan konsep kecerdasan buatan (AI), Internet untuk Segala (IoT), dan maha data (Big Data) dapat mendukung kegiatan operasional 5G Smart Mining menjadi lebih efisien, modern, dan juga aman.

Dengan adanya teknologi 5G, diharapkan aktivitas tambang bawah tanah dapat diperhatikan atau dimonitor melalui kamera yang sudah terhubung dengan kecerdasar buatan (AI), sehingga dapat mencegah dan meminimalisir risiko kecelakaan pada saat bekerja.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, menyambut baik penerapan teknologi 5G, karena diyakini bahwa teknologi ini akan sangat membantu terutama di medan tambang yang memiliki risiko yang sangat tinggi.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis: Kanz Febriansyah
  • Editor: Fisalma Maradita