HISHOT 2023 Seminar : Aiming to Advance the World with AI

Acara tahunan HIMTI Seminar Workshop and Study Tour (HISHOT) 2023 kembali lagi diadakan dengan tema ADVANCE dengan tagline “Aiming to Advance the World with AI”. Acara ini diadakan dengan harapan dapat memberikan peserta sebuah wawasan atau informasi baru mengenai Artificial Intelligence.

HISHOT terdiri dari serangkaian acara, yaitu Seminar, Workshop, Study Tour Dalam Negeri, dan Study Tour Luar Negeri. Seminar merupakan acara pertama sekaligus pembuka dari HISHOT yang terdiri dari dua sesi seminar, yang telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 di Auditorium Binus Alam Sutera.

Seminar HISHOT 2023 dibawakan oleh Aufa Ekananda dan Helena Priscilla selaku MC dan dibuka oleh kata-kata sambutan yang dimulai dari Singgih Tulus Makmud selaku Chairman of HISHOT 2023, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Aditya Abimanyu selaku President of HIMTI Alam Sutera 2023 dan Sarah Karissa selaku President of HIMTI Kemanggisan 2023. Kemudian Natalia Lairan selaku Chairman of HIMTI 2023 dan Dr. Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. selaku Dean of School of Computer Science juga membawakan kata sambutan.

Sesi pertama HISHOT 2023 dengan tema “ChatGPT : The Evolution of Conversational AI” dibawakan oleh Adhella Subalie yang merupakan Software Engineer IOS di Traveloka. Sesi ini membahas lebih dalam mengenai Conversational AI dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah ChatGPT yang sangat populer. Dibahas mengenai cara ChatGPT bekerja pada sesi ini dan salah satu pekerjaan unik yang berkaitan dengan ChatGPT yaitu prompt engineer. Kemudian sesi kedua HISHOT 2023 membahas tema lain dari AI, yaitu “Computer Vision: Enhancing the Way We See the World with AI ” dengan speaker Jonathan Jordy. Sesi ini membahas prinsip dan penerapan Computer Vision pada kehidupan sehari-hari. Satu hal yang menarik dari sesi ini adalah dibahas mengenai bagaimana komputer dapat membedakan apa yang dilihatnya serta bagaimana teknologi computer vision dapat digabungkan dengan conversational AI untuk menghasilkan gambar sesuai dengan input teks yang kita berikan. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan adanya sesi QnA pada setiap sesi seminar, dan games berupa kahoot seputar topik AI.

Dengan adanya acara seminar HISHOT 2023, diharapkan para peserta dapat mengenal dan memperluas wawasan pada konsep Artificial Intelligence terutama Conversational AI dan Computer Vision yang semakin berkembang dan banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari