Peneliti Pakai ChatGPT untuk Membangun Robot Pemanen Tomat untuk Mengatasi Masalah Pasokan Makanan di Masa Depan

Source : www.liputan6.com

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) telah membuat kemajuan besar, dan platform generatif seperti ChatGPT sekarang dapat membuat puisi, esai, dan bahkan buku. Para peneliti di TU Delft dan EPFL tertarik dengan pencapaian ini dan ingin mengetahui apakah ChatGPT juga dapat membantu mereka dalam desain robot. Studi mereka, yang diterbitkan di jurnal telaah sejawat Nature Machine Intelligence, menunjukkan potensi dan ancaman kolaborasi ini. 

Para peneliti, termasuk asisten profesor Cosimo Della Santina, mahasiswa PhD Francesco Stella dari TU Delft, dan mahasiswa EPFL Josie Hughes, berusaha untuk memahami masalah utama yang akan dihadapi manusia di masa depan ketika platform kecerdasan buatan seperti ChatGPT digunakan.

Mereka meminta bantuan ChatGPT untuk membangun robot yang sangat bermanfaat. Setelah percakapan, mereka memutuskan untuk berkonsentrasi pada masalah penting yang berkaitan dengan pasokan makanan dan mengembangkan robot yang dapat memanen tomat.

ChatGPT terbukti sangat membantu selama proses desain, menawarkan rekomendasi dan pengetahuan yang berguna kepada para peneliti. Misalnya, ChatGPT memperluas pengetahuan para peneliti dengan berbagai keterampilan dari berbagai bidang, membantu mereka menemukan tanaman mana yang memiliki nilai ekonomis untuk diotomatisasi.

 

Oleh : Vladimir Elwin Leonard

Source : https://www.liputan6.com/tekno/read/5313894/pakai-chatgpt-peneliti-kembangkan-robot-pemanen-tomat-atasi-persoalan-pasokan-makanan-di-masa-depan