STUDY TOUR LUAR NEGERI, HISHOT 2022: CONNECT

HISHOT (HIMTI Seminar, Workshop and Study Tour) merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknologi Informatika) untuk melengkapi para mahasiswa teknik informatika dengan informasi-informasi seputar teknologi yang relevan. Di tahun 2022 ini, HISHOT mengambil CONNECT sebagai tema besar yang berfokus pada teknologi IoT. Bersama dengan HUAWEI, acara study tour dari HISHOT diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2022 di Wisma Mulia 2, Jakarta. Panitia menyediakan transportasi berupa bus bagi mahasiswa yang ingin berangkat bersama-sama dari kampus BINUS Alam Sutera. Setiap peserta dikenai harga Rp35.000,- sebagai biaya registrasi.

Huawei merupakan sebuah perusahaan asal Tiongkok yang pertama didirikan pada tahun 1987. Huawei berfokus pada penyediaan dan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi dan perangkat pintar. Huawei memiliki sekitar 195.000 pegawai dan beroperasi di 170 negara dan wilayah, serta berada di peringkat kedua dalam research and development investment. Dengan visi dan misi untuk memberikan digitalisasi di setiap orang, rumah dan perusahaan yang terus terhubung dalam dunia pintar, Huawei terus mengembangkan berbagai inovasi untuk membuat berbagai perangkat saling terhubung dengan mudah dan cepat.

Di Study Tour Luar Negeri kali ini, 30 peserta dijelaskan mengenai visi dan misi dari perusahaan Huawei, serta berbagai inovasi dan teknologi yang telah mereka buat. Di setiap sesi, speaker menjelaskan materi dengan jelas dan detail. Bahkan sempat diperagakan seberapa mudah bagi perangkat-perangkat Huawei untuk terhubung tanpa diperlukannya sebuah perangkat eksternal untuk menjadi perantara. Acara study tour luar negeri ini diakhiri dengan penjelasan tentang ICT Academy, sebuah bentuk kerjasama antara Huawei dengan berbagai akademi di dunia untuk melatih dan memperlengkapi para pelajar dan mahasiswa dalam bidang teknologi.

Acara ini menjadi sebuah pengalaman yang berharga bagi para peserta yang hadir, dan pastinya menjadi sebuah pencapaian bagi HIMTI untuk berhasil mengadakan study tour dengan sebuah perusahaan besar dari luar negeri. Jadi, jangan lupa untuk hadir di acara HIMTI selanjutnya ya!

 

 

Penulis: Effel Zefanya Shuban

Editor: Axel Deon Davelin Syahputra, Muhammad Ihsan Rafi Tribowo