Virtual Reality, teknologi terbaru sebagai sarana penunjang Pendidikan di Indonesia

Virtual reality atau dalam bahasa Indonesia disebut realitas maya merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Virtual reality bekerja dengan memanipulasi otak manusia sehingga seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata. Bisa dibilang, virtual reality merupakan proses “penghapusan” dunia nyata di sekeliling manusia, kemudian membuat si pengguna merasa “tergiring masuk” ke dunia virtual yang sama sekali tak bersentuhan dengan dunia nyata. Teknologi ini membuat pengguna berada dalam dunia virtual yang utuh.

Virtual reality memiliki banyak manfaat terutama dalam bidang pendidikan, yaitu membantu dalam proses pekerjaan siswa, membantu dalam menambah wawasan dengan gaya yang baru, dan membantu dalam proses pembelajaran siswa. Kini, Virtual Reality telah diterapkan dibeberapa sekolah di Indonesia contohnya di Bali di SMAN 4 Denpasar dan SMKN 1 Denpasar. 

“Tentunya saya sangat menyambut baik karena VR ini akan sangat membantu kita dalam menjalankan program, terutama dalam proses pembelajaran di kelas” kata Kepala Sekolah SMAN 4 Denpasar, I Made Sudana (53) ketika ditemui detikBali, Senin (3/10/2022).

Selain di Bali, penerapan VR ini telah diterapkan di beberapa sekolah lainnya seperti Jakarta, Bandung, dan masih banyak lagi. Diharapkan semua sekolah di Indonesia mengadopsi Virtual reality sebagai objek teknologi 4.0 dalam proses belajar mengajar.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Elena Ghini Rachman
  • Editor : Cecilia Valenda, Marcello Yoel Christianus