Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia 

Perkembangan teknologi di industri otomotif kian beragam di seluruh dunia. Seperti hybrid sampai listrik murni yang tergolongkan kendaraan ramah lingkungan . Indonesia pun saat ini merasakan majunya era tersebut. Terlebih , Indonesia memiliki populasi penduduk terbesar keempat di dunia yang merupakan pasar potensial. Hal ini terbukti Sebanyak 1.594 unit kendaraan teknologi elektrifikasi (electric vehicle, EV) laku terjual di pameran otomotif  GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 dan populasi di Indonesia saat ini per September 2022 sudah lebih dari 25 ribu unit. Data ini hanya kendaraan listrik, tidak termasuk hybrid atau lainnya.

Perkembangan mobil listrik di indonesia juga didukung saat G20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah, khususnya di kawasan Nusa Dua yang menjadi tempat penyelenggaraan KTT G20, pada 15-16 November 2022. Semua mobilisasi pada G20  menggunakan kendaraan berbasis murni listrik. Namun apakah masyarakat indonesia bisa mengimbangi perkembangan mobil listrik di Indonesia, dalam artian apakah keperluan mobil listrik di tengah masyarakat mendesak?.

Hasil survei Litbang  Kompas menunjukkan keinginan masyarakat terhadap mobil listrik cukup tinggi. Hal itu menunjukkan 59,1 persen responden berminat memiliki mobil listrik dan 64,8 persen responden berminat memiliki sepeda motor listrik. Sayangnya, survei tersebut juga menunjukkan bahwa mayoritas responden masih belum mempertimbangkan urgensi penggunaan kendaraan listrik sebagai alat transportasi, baik di angkutan pribadi maupun di angkutan umum. Dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mobil listrik tidak mendesak adalah 78,4 persen.

Survey mengatakan keperluan mobil listrik ditengah masyarakat belum terlalu diperlukan. Namun hal ini tidak menunjukan ke arah yang negatif. Kita bisa melihat dari cepatnya pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia sekarang , dua sampai tiga tahun lagi mobil listrik produksi dalam negeri mulai bermunculan secara masif, mulai dari yang berharga terjangkau sampai dengan berteknologi canggih.  Sehingga masyarakat memiliki opsi yang lebih banyak dalam memilih kendaraan listrik.

 

Daftar Pustaka:


Penulis: Muhammad Magbul Caffyn

Editor: Axcel Deon Davelin Syahputra, Muhammad Ihsan Rafi Twibowo