TAM Fleet, Teknologi IoT Canggih, Meningkatkan Kualitas KTT G20 Bali

Baru-baru ini, PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) bekerja sama dengan Intelligent Transport System Indonesia (ITS Indonesia) memperkenalkan product showcase perangkat IoT terbaru mereka yaitu TKDN Advance Mobility (TAM Fleet) kepada Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster. 

Pengenalan showcase tersebut merupakan bagian dari acara penandatanganan kesepakatan dengan Gubernur Provinsi Bali. Acara yang bertempat di Gedung Gajah Jaya Sabha, dihadiri oleh Direktur Utama PT TKDN, David Santoso, Deputi Bidang Informasi dan Investasi, Henky Hotma Parlindungan Manurung, serta Direktur Manajemen Industri, Anggara Hayun Anujuprana. Gelaran showcase ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari ITS Indonesia, termasuk PT TKDN sebagai salah satu anggotanya, dalam rangka perhelatan KTT G20 di Bali.

Pada gelaran tersebut, PT TKDN memperkenalkan kecanggihan TAM Fleet berbasis kecerdasan buatan (AI) yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi untuk meningkatkan keselamatan kendaraan, pengemudi dan penumpangnya. Driver Safety Monitoring (DSM) merupakan salah satu perangkat yang dipamerkan pada acara ini, dimana perangkat ini dapat memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama kendaraan beroperasi. Terdapat juga perangkat Blind Spot Detection yang dilengkapi 3D depth camera with AI untuk mendeteksi keberadaan pejalan kaki dan kendaraan lain di sekitar dengan akurasi mencapai 95%, sehingga dapat meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

Perangkat lain yang dipamerkan, seperti Advance Driver Assistance System (ADAS) dan Indicator R-Watch mampu memberikan peringatan awal jika kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan, atau jika terjadi potensi tabrakan. Tidak hanya itu, perangkat pelacak dan keamanan yang menggabungkan teknologi Global Positioning System (GPS) dengan Global System for Mobile Communication (GSM) yang mampu melacak serta memantau posisi dan status kendaraan secara real time, juga ikut diperkenalkan.

Direktur Utama PT TKDN, David Santoso berharap dengan hadirnya teknologi perangkat IoT berbasis AI dalam perhelatan KTT G20 di Bali, diharapkan dapat mengembangkan sektor pariwisata terutama pada sisi transportasi yang aman dan nyaman. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan berlangsung pada November 2022 di Bali dengan dipenuhi kendaraan listrik ramah lingkungan yang dilengkapi sistem canggih sebagai transportasi.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Arya Reyhan, Ricky Wijaya
  • Editor : Cecilia Valenda, Marcello Yoel Christianus