TECHNO 2022: GALAXY – Pengenalan Bahasa Pemrograman (C & Python)/ Introducing to Programming Language ( C & Python) 

Salah satu rangkaian acara TECHNO yang sangat berguna untuk mahasiswa baru yaitu programming class yang dikenal dengan nama PBP (Pengenalan Bahasa Pemrograman). PBP adalah sebuah kelas khusus yang mengajarkan tentang proggramming. Acara PBP ini terbuka untuk seluruh Binusian 26 dari berbagai area kampus BINUS. Dalam acara PBP 2022 ini, ada dua bahasa pemrograman yang kami sediakan, yaitu Bahasa C dan Python. Asisten lab BINUS sendiri kami hadirkan sebagai pengajar PBP 2022 untuk menjamin kualitas pengajar yang terbaik. PBP 2022 terdiri dari 5 batch yang berlangsung pada 1 Agustus – 29 Agustus 2022. Batch 1 hingga batch 4 terdiri dari 4 shift dengan bahasa pemrograman C. Batch 5 terdiri dari 1 shift dengan bahasa pemrograman Python yang dibawakan dengan bahasa pengantar Inggris. 

Dalam acara PBP ini, mahasiswa dipandu dari awal. Mulai dari menginstall aplikasi yang digunakan dengan cara memberikan guidebook instalasi DevC++ untuk bahasa C dan juga guidebook instalasi Python menggunakan Visual Studio Code untuk bahasa Python. Kemudian para mahasiswa diajarkan step by step untuk menggunakannya. 

Beberapa materi perkuliahan algoritma dan pemrograman dirangkum dan dipaparkan selama kurang lebih 100 menit. Dengan waktu yang ada, materi yang diberikan terbatas dan tidak bisa dibahas secara mendalam. Dalam PBP kali ini, materi yang diajarkan yaitu Input & Output, Variable, Arithmetic Operator, If-Else, Looping dan juga Array. Dikarenakan pertemuan yang singkat, para mahasiswa baru harus terus belajar untuk memperdalam materi-materi yang diajarkan serta melanjutkan untuk mempelajari materi yang belum dibahas agar terus berkembang.  

Selama acara PBP berlangsung, para mahasiswa baru School of Computer Science terlihat sangat antusias dan sangat menikmati acara ini. Para peserta yang menghadiri kelas programming ini berasal dari berbagai macam area kampus yang berbeda. Selain mendapatkan pembelajaran baru, tidak menutup kemungkinan para mahasiswa dapat memperluas relasi sesama Binusian 26 dari berbagai area kampus BINUS lainnya. 

Dengan adanya acara PBP 2022 ini, diharapkan mahasiswa baru  School of Computer Science dapat mengenal dasar programming dan lebih siap dalam mengikuti perkuliahan yang akan mendatang. 


Penulis: Florencia Irena