Google Menghentikan Aplikasi Street View

Google Street View adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Google pada tahun 2007. Aplikasi tersebut menyediakan fitur pemandangan jalan 360° bernama Photo Sphere yang membantu para pengguna untuk melihat lingkungan sekitar dari lokasi yang mereka pilih. Google Street View bekerja dengan memperlihatkan foto yang sebelumnya telah diambil oleh kamera yang berada di atas kendaraan. Untuk bergerak di Google Street View,  pengguna dapat menggunakan tombol panah di keyboard, menekan panah dengan mouse, atau menggeser lokasi dengan tangan. Aplikasi tersebut juga mempunyai fitur bernama Photo Path yang memungkinkan pengguna menyumbangkan serangkaian foto 2D untuk jalan dan lokasi yang belum pernah tercapture oleh mobil Street View.

Namun, Google telah memutuskan untuk menghentikan aplikasi Google Street View. Juru bicara Google yang bernama Madison Gouveia berkata bahwa Google Street View akan ditarik dari toko aplikasi dan perusahaan akan menghentikan dukungannya terhadap aplikasi tersebut pada 21 Maret 2023. Alasan mereka menghentikannya adalah karena fitur Street View sudah berada di aplikasi lain yaitu Google Maps sejak tahun 2015. Dengan adanya fitur tersebut di Google Maps, aplikasi Google Street View terasa seperti tersia-siakan.

Walaupun aplikasi ini akan diberhentikan, fitur-fitur seperti Photo Sphere dari Google Street View masih tersedia di Google Maps, kecuali Photo Path yang akan hilang dengan aplikasinya. Hilangnya aplikasi tersebut bukannya berarti Google akan berhenti mengembangkan Maps, tetapi justru karena Google ingin memperbarui Google Maps supaya menjadi lebih imersif. Dengan begitu, para pengguna Google Maps dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan nyaman.

Daftar Pustaka


  • Penulis: Grasiela Angelina
  • Editor: Muhammad Ihsan Rafi Tribowo, Axcel Deon Davelin Syahputra