Sijejak Bluetooth Tracing, Fitur Baru Aplikasi PeduliLindungi

Sijejak adalah fitur baru pada aplikasi PeduliLindungi yang merupakan pelacakan kontak erat COVID-19 jarak dekat berbasis bluetooth yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan. 

Fitur ini mengumpulkan data kontak dekat antara pengguna aplikasi PeduliLindungi menggunakan pertukaran sinyal bluetooth dengan jarak pendek kurang dari dua meter. Data pelacakan disimpan di penyimpanan lokal telepon maksimal selama 14 hari yang terlindungi oleh enkripsi untuk menjaga keamanan data.

Fitur Sijejak bertujuan untuk membantu pihak berwenang melacak kontak dekat dengan pasien positif COVID-19. Setiaji dalam keterangan yang dikutip dari Sehat Negeriku mengatakan bahwa fitur ini dirancang untuk membantu pengguna PeduliLindungi mendapatkan informasi lebih cepat jika mereka menemukan dirinya melakukan kontak dekat dengan seseorang yang dinyatakan positif COVID-9. Sehingga nantinya mereka dapat segera melakukan pengujian langsung dan karantina secara mandiri.

Metode yang diterapkan dalam fitur Sijejak diadopsi dari cara kerjanya BlueTrace yang digunakan oleh aplikasi TraceTogether milik Pemerintah Singapura. BlueTrace adalah  protokol aplikasi open source yang membantu melacak kontak digital pengguna menggunakan bluetooth untuk mengurangi penyebaran pandemi COVID 19. Pelacakan bluetooth memungkinkan pengguna untuk membuat catatan secara anonim dengan orang-orang yang berada pada jarak yang berdekatan dengannya.

Jika pengguna Sijejak dikenali sebagai pasien positif COVID-19, sistem akan meminta izin untuk mengunggah data pertukaran Bluetooth yang tersimpan. Setelah mengunggah data, pengguna lain yang terdata kontak erat dengan pasien kasus positif tersebut akan menerima notifikasi dan panggilan melalui aplikasi WhatsApp untuk melakukan tes COVID-19 dan juga karantina mandiri. 

Fitur Sijejak ini tersedia di aplikasi PeduliLindungi versi 4.1.16 untuk pengguna Android 6.0  ke atas dan semua pengguna iOS. Apabila ingin menggunakan fitur Sijejak pada aplikasi PeduliLindungi, berikut adalah langkah yang perlu dilakukan:

  1. Unduh versi terbaru aplikasi PeduliLindungi.
  2. Buat akun baru atau log in jika sudah memiliki akun PeduliLindungi.
  3. Buka menu profil yang dapat ditemukan di atas kiri layar ponsel dan kemudian pilih fitur Sijejak (Lacak Kontak Erat).
  4. Aktifkan fitur Sijejak dengan menggeserkan tombol “Aktifkan Sijejak”.
  5. Nyalakan Bluetooth dan izinkan akses ke perangkat terdekat untuk memastikan bahwa fitur tersebut berfungsi dengan baik. Fitur Sijejak mengkonsumsi energi bluetooth yang sangat sedikit, sehingga baterai tidak mudah terbuang.

Partisipasi masyarakat dalam penggunaan fitur Sijejak sangat diperlukan untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar dari risiko terinfeksi COVID-19. Dengan adanya fitur terbaru ini, hal tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat pengguna aplikasi PeduliLindungi untuk mendapatkan informasi dengan lebih efektif dan efisien, dan juga agar dapat membantu pemerintah dalam pelacakan kontak erat untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat.

Daftar Pustaka


  • Penulis: Rania Pryanka Arazi
  • Editor: Fisalma Maradita