5 Web Development Tools yang Populer

Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang masuk ke dalam dunia teknologi untuk bekerja. Hal ini dikarenakan teknologi sudah berkembang pesat dan prospek kerja dalam bidang teknologi akan terus meningkat. Saat ini, salah satu pekerjaan dalam bidang teknologi yang sangat menjanjikan dan memiliki jumlah peminat yang tinggi adalah sebagai web developer. Mengapa? Karena tentu saja bannyak perusahaan atau sektor yang membutuhkan web developer untuk membuat dan mendesain website yang dimiliki agar dapat menarik banyak customer. Dalam menyelesaikan pekerjaan sebagai web developer, ada beberapa web development tools yang dapat digunakan, tentunya tools tersebut sangat populer belakangan ini, dan banyak juga orang yang sudah menggunakan tools tersebut untuk belajar membuat website

Berikut merupakan beberapa web development tools yang populer, dapat dilihat sebagai berikut:

  • ReactJS

source: https://glints.com/id/lowongan/wp-content/uploads/2020/10/logo-reactjs.jpg

ReactJS merupakan sebuah library JavaScript yang bersifat open source dimana berisi berbagai macam code JavaScript yang sudah tertulis. Kita hanya tinggal mengambil code yang ingin digunakan dalam membangun dan membuat UI suatu website. Website terkenal yang menggunakan ReactJS ini seperti paypal.com, yahoo.com dan lainnya.

  • Flutter

source: https://i1.wp.com/informatika.uc.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/Flutter-1.jpg?fit=2274%2C1218&ssl=1

Flutter merupakan sebuah platform yang digunakan untuk membuat website / aplikasi dan dapat digunakan dalam berbagai platform. Contohnya seperti suatu aplikasi dapat dipakai dalam Android, iOS, desktop, dan lainnya. Flutter ini juga bersifat open source dan gratis dengan menggunakan pemrograman Dart. Flutter ini juga memiliki dua komponen penting yaitu Software Development Kit yang berisi sekumpulan tools untuk membuat aplikasi dapat dipakai diberbagai platform, serta Framework UI untuk melakukan kostomisasi sesuai yang diinginkan. Contoh aplikasi Flutter yaitu Alibaba, Google Ads, dan lainnya.

  • Angular

Angular merupakan sebuah development platform yang dapat digunakan dalam pembuatan aplikasi web yang mengunakan bahasa pemrograman TypeScript. Angular membuat pembuatan web menjadi lebih mudah dengan menyediakan component-based framework yang dapat di update dengan mudah dan sederhana. Ekosistem angular juga terdiri dari beragam kelompok yang ada lebih dari 1,7 juta pengembang, penulis perpustakaan, dan pembuat konten.

  • Django

Django adalah kerangka kerja web Python tingkat tinggi yang mendorong perkembangan pesat dan desain pragmatis yang bersih. Django bertujuan untuk membuat developer fokus menulis aplikasi dengan cepat dan sederhana. Django memiliki komunitas besar yang telah berdiri 17 tahun. Selain itu, Django bersifat open-source dan gratis.

  • Laravel

Laravel merupakan kerangka kerja PHP  yang bersifat open-source, kuat dan mudah dimengerti. Laravel dapat menggunakan kembali komponen yang ada dari berbagai kerangka kerja yang membantu dalam membuat aplikasi web. Selain itu, laravel juga menawarkan serangkaian fungsi yang kaya dengan menggabungkan fitur dasar kerangka kerja PHP seperti CodeIgniter, Yii, dan bahasa pemrograman lainnya seperti Ruby on Rails.

Nah, itu dia beberapa web framework yang populer. Menurut kamu mana nih yang paling menarik?

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis: Nixon Leonard dan Diven Clementius
  • Editor: Fisalma Maradita dan M. Ihsan Rafi