Online Learning

Di era yang digital saat ini, hampir semua hal dapat dilakukan secara online termasuk dalam hal pembayaran, komunikasi, dan juga pembelajaran. Dahulu, jika kita hendak mempelajari suatu hal, kita harus bertemu tatap muka dengan pengajar ataupun meminjam buku di perpustakaan. Saat ini, kita dapat belajar dimanapun dan kapanpun kita mau. Online learning kini sudah banyak yang beredar di internet dengan akses yang mudah. Tentunya dengan dipermudahnya akses untuk belajar, memberi dampak yang baik bagi orang – orang yang ingin memperluas wawasan mereka.

Online learning ini tidak hanya digunakan di kehidupan sehari-hari, namun sudah banyak universitas baik luar negeri maupun dalam negeri yang menggunakan fasilitas tersebut. Dalam peggunaannya , dosen yang memberikan materi harus memiliki kemampuan pemahaman pada materi yang akan disampaikan, memahami strategi online learning yang efektif, persiapan pembelajaran yang matang, penentuan interaksi dengan mahasiswa, penyeleksian dan pengevaluasian tugas secara elektronik agar tercapai tujuan yang diinginkannya serta berjalan dengan lancar. Pastinya terdapat beberapa kendala dalam penerapan pembelajaran online learning ini. Misalnya, gangguan jaringan koneksi saat mengakses situs online learning dan masih banyak lagi.

Dengan terlaksanakannya online learning ini, kita sebagai online learners bias mendapatkan banyak manfaat dari pembelajaran tersebut. Dapat kita simpulkan, dengan adanya online learning ini, pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan bisa kita akses kapanpun kita mau. Kita dapat mencari tau banyak hal tanpa di batasi oleh ruang dan waktu. Dengan kemudahan tersebut, yuk kita menjadi pembelajar yang aktif dan terus mau menambahkan ilmu pengetahuan kita serta terus berinovasi membangun bangsa.

Source :
http://www.academia.edu/5118132/ARTIKEL_E-LEARNING
http://theconversation.com/id/topics/massive-open-online-courses-3376
Marcellinus Barlian Dewanto