Youtube Jadi Raja Media Sosial di Indonesia, Diakses 94 Persen Warga

Youtube merupakan sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini membuat pengguna dapat mengunggah, menonton, dan membagikan video. Di dalam Youtube, kita dapat menemukan berbagai jenis video dari pengguna/kreator. Tidak hanya pengguna, namun berbagai perusahaan besar seperti CBS, BBC, dan Vevo juga mengunggah material mereka ke situs ini. Youtube menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5. Lokasi kantor Youtube sendiri sekarang berada di San Bruno, California.

Seiring berjalannya waktu, Youtube semakin besar dan terkenal ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri Youtube sangatlah populer. Hal ini diperkuat oleh hasil  riset yang dilakukan oleh Hootsuite dan We Are Social bahwa pengguna internet berusia 16-24 tahun lah yang paling banyak menghabiskan waktunya untuk menonton vidio online di perangkat mereka. Hasil penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa YouTube berhasil menjaring 170 juta pengguna atau 93,8 persen dari total keseluruhan populasi 181,9 juta pengguna internet berusia 16-64 tahun.

Selain Youtube, terdapat juga beberapa Media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti, WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Aplikasi Whatsapp sendiri menempati urutan pertama yang paling banyak digunakan oleh Masyarakat Indonesia dengan persentase 87,7 persen atau 159,5 juta orang. Kemudian disusul oleh Instagram di peringkat kedua dengan jumlah pengguna mencapai 86,6 persen atau 157,5 juta orang. Disusul oleh aplikasi Facebook sebagai peringkat ketiga dengan persentase 85,5 persen atau 155,5 juta orang. Maka dari itu, Youtube masih menjadi Raja Media Sosial di Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis: Irham Zharfan dan Ferlangga
  • Editor: Cecilia Valenda, Marcello Yoel Christianus