HIMTI Seminar Workshop and Study Tour (HISHOT) 2021: STRONGER

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) BINUS University kembali mengadakan acara tahunan yang bernama HIMTI Seminar Workshop and Study Tour (HISHOT) 2021. Acara HISHOT tahun ini mengusung tema STRONGER dengan tagline “Strengthen Knowledge on Technology Exceeding Reality” dengan harapan dapat memperkenalkan dan menambah pengetahuan peserta tentangperkembangan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) mengingat pada era revolusi 4.0, teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan.

Acara HISHOT 2021 terbuka untuk umum dan diadakan secara online melalui platform Zoom dan YouTubedikarenakan pandemi COVID-19 yang masih belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. HISHOT 2021 diadakanmulai tanggal 2 Juni 2021 – 12 November 2021, yakni dimulai dengan dilaksanakannya Seminar I pada Jumat (02/06) dengan Anwar Safei, Senior Immersive Engineer at Arutala sebagai pembicara yang membawakan tema “The Impact of Virtual and Augmented Reality”. Acara kedua, yakni Seminar II dilaksanakan pada Rabu, 16 Juni 2021 dengan tema “VR, AR, The Future of Game Development”serta Nico Alyus, Chief Executive Officer of OmniVR sebagai pembicara Seminar II.

Selanjutnya, terdapat acara ketiga yaitu Workshop I yang diadakan pada hari Rabu, 30 Juni 2021 dengan tema “Welcome to The World of Virtual Reality” dengan Riza Endartama, Game Designer at cubrick interaKtive sebagai trainer workshop. Lalu, pada hari Rabu (04/08) diselenggarakan Workshop II dengan Romi Fauzi, Games, Virtual Reality (VR) and Augmented Reality (AR) Unity Developer at UNIT9 sebagai trainer workshop yang mengusung tema “Augment Your Virtual Idea Becomes Reality”.

Sementara itu, acara kelima dan keenam yakni kegiatan study tour HISHOT 2021 cukup menarik perhatian karena berbeda dari study tour pada umumnya sebab dilaksanakan secara virtual melalui YouTube. Pada Rabu, 25 Agustus 2021 diselenggarakan acara kelima yaitu Virtual Study Tour Dalam Negeri dengan WIR Group sebagai perusahaan tujuan. Terakhir, terdapat acara virtual study tour yang melibatkan dua perusahaan yakni Shinta VR dan Tinker VR serta dilaksanakan pada Jumat, 12 November 2021.

Melalui kegiatan HISHOT 2021, pandemi tidaklah menjadi halangan untuk mendapatkan wawasan tambahan, khususnya mengenai teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Selain itu, diharapkan juga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman baru serta memperluas koneksi dengan perusahaan nasional dan internasional.