BAHAYA TERSEMBUNYI MENGGUNAKAN VPN GRATIS DI SMARTPHONE


Kerusuhan 22 Mei yang terjadi di Jakarta mengakibatkan pemerintah Indonesia membatasi pengiriman foto dan video melalui aplikasi media sosial untuk menghindarkan berita hoax dari masyarakat Indonesia. Akibatnya, salah satu cara untuk mengakali masalah tersebut bagi masyarakat adalah dengan pemasangan VPN gratis.

VPN yang merupakan singakatan dari Virtual Private Network merupakan sebuah perluasan jaringan virtual pribadi di jaringan publik internet yang digunakan. Dalam arti lain, VPN digunakan tidak hanya untuk menjaga privasi serta keaaman data pribadi, namun VPN pula mampu mengubah lokasi virtual. Hal tersebut menjadikan dengan diblokirnya akses pengiriman foto dan video, dengan adanya VPN, proses tersebut akan dianulir dan memampukan pengguna untuk tetap mengirim foto dan video tersebut.

Namun dengan penggunaan VPN gratis, terdapat berbagai bahaya yang dapat dihasilkan di antaranya seperti akitivas data yang dipantau hingga ancaman terhadap keamaan perangkat.

  1. Mengancam Keamanan Perangkat

Ancaman yang pertama dengan menggunakan VPN gratis adalah terhadap keamanan perangkat. Salah satu fungsi utama VPN adalah melindungi akses internet pengguna dari hacker. Namun, beberapa aplikasi VPN gratis malah terinfeksi oleh malware yang berhubungan dengan iklan yang tampil di aplikasi VPN.

  1. Memantau Aktivitas Online Pengguna

Ancaman lain yang dibawa oleh VPN gratis adalah pemantauan aktivitas online perangkat yang memasangnya. Hal ini didasari karena kebanyakan aplikasi VPN disematkan pelacak yang disusupkan untuk mengumpulkan data aktivitas online pengguna yang memakainya.

  1. Membatasi Kuota Internet

Salah satu kekurangan lain dari aplikasi VPN gratis adalah pembatasan jumlah kuota saat terhubung dengan internet. Pengguna hanya dapat mengakses internet melalui VPN dengan kuota tertentu, semisal 2GB.

  1. Memperlambat Jaringan Internet

Memakai aplikasi VPN gratis juga dapat mengakibatkan kecepatan internet menurun. Hal ini lumrah karena penyedia VPN memang mengatur kecepatan internet penggunanya yang gratis. Dengan cara ini, pengguna mau tidak mau harus membayar untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik.

  1. Membanjiri Pengguna dengan Iklan

VPN gratis membawa dampak negatif lain yaitu dengan jumlah iklan yang berlebihan. Kehadiran iklan tidak sekadar mengganggu, namun juga dapat memancing pengguna masuk ke situs berbahaya.

 

Picture Sourcehttps://www.liputan6.com/tekno/read/3973779/5-bahaya-tersembunyi-pakai-aplikasi-vpn-gratis-di-smartphone