Asal Usul Nama Bahasa Pemrograman Java

Tahukah anda bahwa asal mula nama Bahasa Java terinspirasi dari kopi asal jawa (Java Coffee)? James Gosling(bapak Bahasa permrograman Java) dan rekan rekann tim Greentalk di Sun Microsystem terinspirasi di karenakan Java Coffee merupakan salah satu kopi Arabica terbaik di dunia. Awalnya mereka menggunakan nama “Oak” untuk Bahasa pemrograman ini akan tetapi, nama “Oak” sudah di pakai di perusahaan lain yaitu Oak Technology sebagai merk dagang produknya. Nama “Oak” terinspirasi dari jenis pohon yang tumbuh di depan jendela ruang kerja Gosling.

Proses pergantian nama Bahasa pemrograman tersebut tidaklah mudah. Sebab terdapat berbagai perdebatan antara ahli hukum perusahaan, manajer pemasaran, penasihat hukum dan direksi dari Sun Microsystems. Akhirnya terdapat 3 usulan untuk nama Bahasa pemrograman tersebut yaitu: Java, Silk, dan DNA.

Lalu Kim Polese manajer pemasaran saat itu yang sekarang menjabat sebagai CEO Marimba Inc. Memilih nama Java untuk Bahasa pemrograman tersebut. Kelahiran Bahasa Java, berawal dari ambisi Sun Microsystems untuk menciptakan platform universal yang dapat bekerja di berbagai mesin.

Proyek rahasia ini dimulai pada Desember 1990 dan melibatkan Patrick Naughton, Mike Sherii dan James Gosling serta 13 orang stafnya. Hingga akhirnya setelah 18 bulan atau tepatnya pada 3 September 1992 pekerjaan besar ini membuahkan hasil. Pada tahun 1992 mereka mendemonstrasikan Star7, sebuah PDA (Personal Digital Assistant) dengan input touchscreen (layar sentuh) yang dapat menjalankan berbagai aplikasi interaktif. Java telah menghasilkan warna baru dalam dunia komputasi, Sun Microsystems pun memberikan kode program atau source code Java secara cuma-cuma alias gratis melalui internet. Akibatnya Bahasa Java cepat tersebar keseluruh dunia. ini lah yang mengakibatkan Bahasa java menjadi melejit dan menjadi Bahasa pemrograman favorit sejak dirilis pada 23 Mei 1995. Keberhasilan Sun Microsystems menghadirkan Java sebagai bahasa yang terdepan dalam komunikasi internet tidak terlepas dari peran James Gosling, arsitek bahasa pemrograman Java atau yang dikenal sebagai bapak Bahasa pemrograman Java. Java juga dikenal sangat andal dan memiliki sistem keamanan sendiri. Begitulah asal mula Bahasa pemrograman yang terkenal pada abad ini.

Source :

Patrick Leandro Sihombing