5 Tips Efektif Belajar Bahasa Pemograman

Sumber  Gambar : fintechnews.org/6-best-programming-languages-for-fintech/

Di zaman teknologi ini, banyak sekali orang yang ingin belajar bahasa pemograman. Tetapi, kebanyakan dari mereka kesulitan untuk mempelajarinya. Berikut 5 tips efektif dalam belajar bahasa pemograman.

  1. Fokus ke Satu Bahasa Pemograman

Dalam pemograman terdapat banyak sekali bahasa, seperti C, Java, Pyhton, dll. Untuk itu disarankan agar fokus menguasai 1 bahasa terlebih dahulu sebelum ingin menguasai bahasa lain. Jika sudah menguasai 1 bahasa pemograman, kamu akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa pemograman lain karena sudah mengerti konsepnya.

  1. Cobain Kode Sampel

Pada saat belajar bahasa pemograman di buku atau internet, pastinya ada kode sampel yang disertakan, agar materi yang diajarkan dapat dipahami. Kode sampel tersebut jangan dijadikan bacaan saja, tetapi kamu harus mencoba kode sampel tersebut, kamu juga dapat memodifikasi kode tersebut, untuk melihat hasilnya bagaimana jika kode ini diubah atau yang itu diubah. Dengan begitu kamu akan lebih menguasai materi yang sedang dipelajari.

  1. Ketahui Penyebab Error

Dalam pemograman, pasti pernah terjad error. Untuk itu kamu harus dapat memahami apa yang menyebabkan program tersebut error. Dengan memahami error tersebut, kalian akan lebih cepat mengatasi error-error, jika program kamu mengalami error.

  1. Belajar Bersama Teman

Carilah teman yang sudah mahir bahasa pemograman, untuk membantu kamu belajar, dengan begitu kamu lebih leluasa untuk bertanya tentang apa yang belum dimengerti. Kamu juga dapat meminta saran pada teman kalian.

  1. Masuk ke Forum Diskusi

Di internet, sudah terdapat banyak sekali forum diskusi tentang bahasa pemograman. Di forum tersebut, kamu dapat bertanya tentang materi yang belum kamu mengerti. Kamu juga bisa melihat pertanyaan dan jawaban orang lain untuk menambah pengetahuan bahasa pemograman kamu.

            Belajar bahasa pemograman membutuhkan proses yang panjang dan kesabaran, diharapkan dengan 5 tips tadi dapat membantu kamu yang sedang belajar bahasa pemograman.

Source : http://ciepo.com/2015/10/22/8-tips-belajar-bahasa-pemrograman-lebih-efektif/

 

Kendrick Saputra