Wih, budaya Indonesia telah terangkum dalam kedua situs ini loh!

Pengaruh yang disebabkan oleh globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Semakin memudarnya dan terancamnya budaya dan kesenian lokal maupun nasional telah menjadi dampak utama dari rendahnya nasionalisme yang dimiliki oleh bangsa ini. Apabila dibiarkan, Indonesia dapat kehilangan jati dirinya sebagai negara dengan banyak budaya yang unik, dan beralih menjadi sebuah negara yang menganut budaya asing.

Faktor utama pendukung terjadinya hal ini adalah perkembangan teknologi yang telah menjadi bagian penting dalam hidup masyarakat. Contohnya saja, di waktu sekarang ini kita pasti menemukan orang-orang di sekitar kita yang menggunakan smartphone. Dengan adanya teknologi-teknologi tersebut, masuknya budaya asing ke dalam kehidupan bermasyarakat tidak lagi terbendung dan tidak dipungkiri lagi telah menjadi bagian dari hidup masyarakat sekitar. 

Walaupun begitu, ada lho yang berinisiatif untuk membuat sebuah situs agar dapat tetap memampangkan beragam budaya Indonesia secara digital guna melestarikan budaya yang telah kita miliki hingga saat ini. Ditambah lagi, ternyata situs-situs ini merupakan karya anak bangsa dan sudah terkenal ke mancanegara lho!

Nah, mau tau kan situs web tentang budaya Indonesia ada apa saja? Kalau begitu, ini dia situs-situsnya!

1. Indonesia Kaya (https://indonesiakaya.com/)

Indonesia Kaya merupakan portal informasi budaya Indonesia yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. Portal ini bertujuan memperkenalkan dan menunjukkan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Di dalam portal ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang kekayaan yang dimiliki Indonesia dalam bentuk artikel, foto dan video melalui menu tab “Pustaka Indonesia” yang terdapat di situs web Indonesia Kaya.

Pada menu ini terdapat 4 bagian, yaitu:

  1. Pariwisata yang mengulas informasi keindahan objek wisata yang ada di Indonesia;
  2. Kesenian yang membahas seni budaya Indonesia, mulai dari seni pertunjukan sampai kerajinan tangan;
  3. Tradisi Budaya, kita dapat melihat berbagai jenis ritual, perayaan dan adat istiadat di daerah-daerah Indonesia;
  4. Kuliner yang memuat kekayaan makanan tradisional Indonesia.

Selain itu, Indonesia Kaya memiliki beberapa halaman lain yang tak kalah informatif. Terdapat halaman “Tokoh” yang memuat cerita-cerita dari para tokoh inspiratif Indonesia. Ada juga halaman “Jurnal” Indonesia Kaya yang memuat para pecinta traveling untuk menuliskan cerita-cerita perjalanan mereka. Halaman “Galeri” pada situs web Indonesia Kaya merupakan halaman khusus yang memuat informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di Galeri Indonesia Kaya baik yang sudah berlalu ataupun yang akan datang. Contoh program kegiatan yang sedang populer saat ini yaitu “Indonesia menuju Broadway”, “Mencari Siti”, dan “Indonesia Menari”.

2. Info Budaya (https://www.infobudaya.net/)

Diterbitkan pada tahun 2013 oleh Yayasan Sobat Budaya, Info Budaya memaparkan berbagai budaya lokal yang ada di Indonesia. Info-info mengenai kesenian, makanan, penampilan, adat istiadat, sampai upacara kedaerahan pun tersedia di website ini. 

Dalam perjalanannya, situs ini sudah merancah ke berbagai platform media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan Flickr. Jumlah pengunjung situs dan likes yang sudah didapatkan pun tidak sedikit, lho! Sejauh ini, website sudah berhasil meraih lebih dari 50 ribu likes dan lebih dari 20 ribu followers pada platform media sosialnya.

Navigation bar yang disediakan pada website ini pun juga berguna banget, lho! Semua fitur pada website ini, mulai dari beranda, agenda, blog, pilihan budaya, dan penampilan fitur dapat dimaksimalkan untuk mencari informasi mengenai budaya Indonesia mulai dari kuliner nusantara, upacara adat kedaerahan, penampilan sentra seni lokal serta adat istiadat daerah terpencil, dan sebagainya. Nah, dengan adanya Navigation Bar, para pengguna pastinya tidak akan kesulitan dalam mengakses beragamnya informasi pada website ini.


Nah, gimana teman-teman sekalian, keren banget kan! Yuk tunggu apa lagi, segera kunjungi websitenya ya teman-teman dan mari kita semakin mempelajari budaya Indonesia. Semoga bermanfaat!