Trend Bezel-less Smartphone Yang Kian Populer

Sumber Gambar : www.theverge.com/circuitbreaker/2016/6/6/11870426/iphone-7-or-maybe-8-rumors

Apakah kamu termasuk penyuka smartphone bezelless?

Memang jika dilihat, penampilan ponsel tanpa bazel lebih elegan daripada yang ponsel yang didesain memiliki bazel. Bukan hanya itu, desain bezelless juga akan menampilkan penampakan layar yang cukup luas dan enak dipandang. Banyak sekali kompetitor-kompetitor brand baik smartphone, TVs maupun Monitor yang saling berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang memiliki bezel yang tipis. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya bezel atau bingkai pada smartphone punya beberapa manfaat yang cukup menguntungkan loh.

  1. Perlindungan

Ya, bezel pada smartphone mampu melindunginya dari benturan dan tetesan air. Hal tersebut karena bezel merupakan bagian yang pertama menahan layar saat terjadi benturan. Meskipun nanti bezel smartphone kamu baret-baret atau bahkan rusak, tapi setidaknya layarmu tetap dalam kondisi aman.

  1. Penahan

Bezel merupakan penahan agar tak semua titik layar tersentuh. Coba praktekkan, ambil smartphone bezelless kamu, lalu pegang dengan satu tangan. Setelah itu, sentuh layarnya berlawanan dengan ibu jari kamu, pasti bagian bawah ibu jarimu akan menyentuh layar kan? Hal itu karena smartphone kamu tak memiliki bezel sebagai penahan.

  1. Tampilan lebih menyenangkan

Tampilan smartphone dengan bezel akan tampak lebih menyenangkan. Hal tersebut karena gambar cenderung terlihat lebih baik jika diletakkan dalam bingkai.

Memang bezel-less itu sesuatu yang keren dalam desain smartphone. Tapi malah bisa jadi sesuatu yang tidak terlalu baik karena alasan di atas. Sebenarnya pabrikan bisa saja membuat smartphone berbezel tipis, dan memang sudah ada. Biasanya pabrikan menambahkan program tertentu sehingga meminimalisasi kesalahan sentuhan yang tidak disengaja, dsb.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://nextren.grid.id/read/01114345/ponsel-bezelless-jadi-trend-padahal-ini-fungsi-bezel-pada-smartphone?page=2