Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2023 Binus University

   Pada tanggal 17 Maret 2023, BINUS University, Student Club and Activity Center (SCAC) telah melaksanakan acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun 2023 Tingkat Universitas. Di acara PILMAPRES ini terdapat tujuh kandidat dari fakultas yang berbeda. Kandidat pertama adalah Edward Hartanto Enrico Abadi, BINUSIAN 2024 yang mewakili School of Information Systems jurusan Business Information Technology. Kandidat kedua adalah Annisa Saptayulia Belvanugraha, BINUSIAN 2025 yang mewakili Faculty of Engineering jurusan Food Technology. Kandidat ketiga adalah Delviana Pramata, BINUSIAN 2024 yang mewakili Faculty of Humanities jurusan International Relations. Kandidat keempat adalah Jessica Christabel Gan, BINUSIAN 2025 yang mewakili School of Design jurusan Film. Kandidat kelima adalah Maevy Marvella, BINUSIAN 2024 yang mewakili School of Computer Science jurusan Mobile Application and Technology. Kandidat keenam adalah Olivia Valentina, BINUSIAN 2024 yang mewakili Faculty of Digital Communication Hotel and Tourism jurusan Marketing Communication. Kandidat ketujuh adalah Thalea Christy Nathaniela, BINUSIAN 2024 yang mewakili fakultas BINUS Business School dengan jurusan Entrepreneurship – Business Creation.

   Acara PILMAPRES ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan Himne BINUS University, dilanjutkan dengan memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta diakhiri dengan doa pembukaan. Setelah pembukaan, acara ini dilanjutkan dengan sesi presentasi karya ilmiah yang menarik dari masing-masing kandidat. Setiap kandidat diberikan batas waktu untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka dengan jelas. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama dua juri dan sesi istirahat selama dua jam, dari pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

   Setelah jeda istirahat, acara dilanjutkan dengan sesi speech dari setiap kandidat. Dalam sesi ini, setiap kandidat diuji dengan pertanyaan acak. Kandidat diberikan waktu untuk menuliskan jawaban, kemudian mempresentasikan jawabannya dalam batas waktu yang telah ditentukan. Sesudah menjawab pertanyaan, kandidat lain kemudian mengajukan pertanyaan kepada kandidat yang sedang mendapat giliran.

   Di antara jeda pengumuman pemenang, acara PILMAPRES dilanjutkan dengan penampilan dua mahasiswa duta bahasa yang berasal dari BINUSIAN 2025 dan BINUSIAN 2026. Mahasiswa BINUSIAN 2025 memukau penonton dengan pembacaan puisi yang penuh dengan emosi, sementara mahasiswa BINUSIAN 2026 menghibur para penonton dengan vokal yang indah dan memukau penonton.

   Sesi terakhir dilanjutkan dengan pengumuman MAWAPRES terfavorit dan terbaik tahun 2023. Thalea Christy Nathaniela berhasil menjadi MAWAPRES terfavorit pada PILMAPRES 2023 berdasarkan hasil voting dari mahasiswa BINUS University. Sementara itu, Edward Hartanto Enrico Abadi dari School of Information System terpilih menjadi MAWAPRES terbaik di acara PILMAPRES 2023.