Cyber Security bagi Generasi Milenial

Picture Source: https://www.york.ac.uk/study/postgraduate-taught/courses/msc-cyber-security/

Keamanan dalam jaringan adalah masalah yang sudah serius. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman yang semakin membuat kita terhubung antara satu dengan yang lainnya dari dalam jaringan sehingga keamanan data pribadi dan/atau privasi kita juga semakin rawan. Ada banyak sekali bentuk bentuk pelanggaran privasi di dalam jaringan, seperti : meretas akun social media teman atau orang lain tanpa seizin pemilik akun, meretas situs situs nasional ataupun perusahaan, membeberkan rahasia orang lain lewat social media tanpa persetujuan orang tersebut, dan masih banyak lagi.

Zaman sekarang didominasi oleh generasi milenial yang dianggap sebagai generasi yang memahami teknologi. Mereka dapat mempelajari arus teknologi informasi yang lebih mudah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sebagai contoh, sekarang ketika kita kebingungan dalam mengerjakan tugas, yang perlu kita lakukan hanyalah tinggal membuka smartphone dan mencari jawabannya di internet. Ketika kita sedang lapar atau haus yang perlu kita lakukan hanyalah tinggal memesan makanan dari internet. Ketika kita butuh transportasi yang cepat dan praktis yang perlu kita lakukan tinggal memesannya lewat smartphone kita. Segalanya sudah menjadi sangat mudah untuk dilakukan sekarang.

Namun, walaupun dianggap sebagai generasi yang memahami teknologi, generasi milenial cenderung cuek atau kurang peka terhadap isu isu kemanan siber atau keamanan digital. Mereka sudah menganggap bahwa system keamanan data mereka sudah cukup aman, jadi mereka tidak perlu khawatir lagi akan ancaman kemanan data pribadi mereka. Pada umumnya, mereka mempercayakan semua data pribadinya ke system penyimpanan cloud drive atau system penyimpanan yang bebentuk digital sehingga semua data pribadi mereka tetap aman walaupun gadget mereka hilang/diretas. Selain cloud drive, generasi milenial juga cenderung percaya bahwa mereka bisa mengatasi masalah keamanan data pribadi mereka sendiri dengan cara menggunakan otentifikasi 2 faktor, atau dengan cara menggunakan kata sandi dan proteksi kemanan yang kompleks.

Jadi, kesimpulannya adalah kemanan siber dalam jaringan itu sangat penting, dan generasi milenial tau dan mengerti akan hal itu. Hanya saja, mereka melihatnya dari prespektif yang berbeda sehingga sering dianggap cuek atau tidak peka.