Mobil Listrik Bisa Ambil Alih Dunia

Oleh: Nicholas Permana – 2301872476

               Indonesia telah banyak menguasai teknologi, seperti pesawat, satelit, roket, tank baja, sampai kapal selam. Teknlogi – teknologi ini Sebagian besar siperoleh dari Kerjasama antara Indonesia dengan negara lain, kecuali pesawat terbang. Tetapi masih ada satu yang belum dikembangkan di negara Indonesia yaitu mobil listrik.

Kita tahu bahwa negara lain seperti amerika, jepang, inggris, dll sudah mengimplementasikan mobil listrik untuk mengurangi jumlah polusi dari hasil pembakaran gas yang dilakukan oleh mobil yang menyebabkan pencemaran udara. Menurut kepala Koresponden Lingkungan BBC, Justin Rowlatt industry otomotif mobil listrik bukan hanya perubahan peminatan tapi juga revolusi teknologi. Berdasarkan perkataan itu, banyak produsen mobil yang setuju untuk melakukan pergeseran ke kendaraan listrik. Menurut Volkswagen dan ford pada 2030 kendaraan yang dijual di eropa 70% akan menjadi kendaraan listrik.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Rerfom (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan adaptasi menggunakan mobil listrik di Indonesia menemui sejumlah kendala seperti harga yang lebih mahal dari mobil bahan bakar minyak dan ketersediaan charging station yang sedikit. Namun mengingat kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, banyak faktor yang mendukung Indonesia untuk membuat mobil listrik, bahkan Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, PLN sudah on-track dan sudah ikut dalam konsorsium BUMN untuk pembuatan EV battery bekerja sama dengan perusahaan Korea dan Cina.

Untuk mendukung penggunaan mobil listrik di Indonesia Presiden Jokowi mengatakan akan memberikan insentif seperti parkir gratis, hingga subsidi pembelian kendaraan listrik. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengatakan akan membebaskan pengoperasian kendaraan listrik dari peraturan ganjil genap. Jumlah mobil listrik di Indonesia ditargetkan mencapai 400,000 unit pada 2025, dan meningkat sebesar 5,7 juta unit di tahun 2035. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan mobil listrik akan mulai berjalan dengan baik di tahun 2030 keatas.

Sumber: