Tantangan Perbankan Terapkan Teknologi Cloud System

Industri perbankan masih menghadapi tantangan seperti kompleksitas, silo, dan biaya pengelolaan private cloud dan public cloud. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk mengatasi tantangan tersebut agar teknologi komputasi awan (cloud) dapat beroperasi secara normal di sistem perbankan.

Hermanudin, Executive Vice President IT Strategy and Governance Department Bank Pgs BRI mengungkapkan, tantangan dan kendala awal yang dihadapi perbankan dalam menerapkan teknologi cloud adalah masih adanya perbedaan versi dan jenis aplikasi mobile banking yang dimiliki bank dan cloud yang akan diadopsi.

“Tantangan bagi bank-bank ini adalah aplikasinya masih menggunakan sistem monolitik. Tantangannya adalah bagaimana kita bisa mengubah aplikasi ini menjadi aplikasi cloud-ready,” kata Hermanudin, Kamis (18 Februari 2021) dengan “Hybrid Cloud Enhanced Banking Pentingnya pelayanan di era new normal dan era digital” demikian disampaikan dalam webinar dengan topik tersebut.

Menurut dia, beberapa infrastruktur tambahan harus dilengkapi dengan bank dalam menerapkan cloud ke sistem TI mereka. Dengan demikian, ke depan bank dapat menikmati layanan penyimpanan data yang aman dan nyaman saat menggunakan sistem TI.

Penerapan cloud dalam digitalisasi perbankan tidak hanya memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi digital, tetapi juga meningkatkan angka inklusi keuangan nasional.

Penerapan sistem cloud computing atau sistem cloud dalam layanan perbankan memang tidak mudah. Arief Pribadi, Direktur Teknik Nutanix Indonesia, mengatakan setiap pelaku industri jasa keuangan harus melalui 3 langkah sebelum bisa mulai mengimplementasikan teknologi cloud di layanannya. Langkah pertama adalah mengganti infrastruktur yang lebih digital dan cloud-ready terlebih dahulu.

 

Kemudian, langkah kedua adalah menyiapkan aplikasi yang dapat menggunakan sistem cloud. Melalui aplikasi perbankan dan keuangan berbasis cloud, implementasi sistem cloud akan lebih mudah. Saat aplikasi sudah siap, maka mulai memasuki fase ketiga, yaitu multi-cloud deployment.

Ref: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4486660/tantangan-perbankan-terapkan-teknologi-cloud-system