Samsung Smart Learning Class di Papua

Pada bulan oktober 2018 lalu, Samsung Electronics Indonesia membuka Samsung Smart Learning Class (SSLC) di Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Kristen Waupnor di kota Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Ini dilakukan melalui kemitraan dengan Wahana Visi Indonesia (WVI).
Biak dipilih oleh Samsung karena masih menghadapi banyak tantangan dalam pengembangan kualitas manusia, seperti rendahnya tingkat literasi dan pemahaman isi bacaan yang kurang memadai. Menurut data Badan Pusat Statistik Biak, Indeks Kemiskinan Biak mencapai 76% dan Indeks Pembangunan Manusia mencapai 57,22%. Dalam hal ini, angka partisipasi sekolah dasar rendah, mencapai 96,84%, dan angka melek huruf anak usia 11 tahun yang bisa membaca dengan baik adalah 31,25%.
Di SSLC, terdapat 31 unit Samsung Galaxy Tab A with S-Pen, 2 unit Gear VR, 2 unit Samsung Galaxy A8, 2 unit Samsung Smart TV 55 inci, dan 2 unit Samsung AC. Sebagai pengukuran keberhasilan program, Samsung juga memberikan pelatihan TIK dan membentuk tim dukungan TI untuk memantau dan melihat umpan balik tentang implementasi program tersebut. Sebagai rencana yang melibatkan pemerintah, proses evaluasi juga dilakukan bersama dengan dinas pendidikan kabupaten. Samsung juga menyediakan 6 unit Galaxy Tab A with S-Pen untuk digunakan WVI dalam memantau dan mengevaluasi prosesnya.
Dengan menggunakan fasilitas ruang kelas berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang didukung perangkat digital, rangkaian rencana seputar SSLC tidak hanya ditujukan untuk siswa. Namun juga para guru, orang tua, pemerintah daerah dan masyarakat untuk dapat menggunakan teknologi ini. Proses belajar mengajar di kelas diharapkan lebih menarik bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan guru, serta mengenalkan dan memanfaatkan teknologi kepada masyarakat.
Sebelumnya SSLC juga tampil di lima sekolah, antara lain SMA Negeri Unggulan MH Thamrin Jakarta, SMA Pangudi Luhur Jakarta, Brawajaya Smart School Malang, SMA Plus Negeri 17 Palembang, dan SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar.

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/pertama-di-papua-samsung-smart-learning-class-hadir-di-kota-biak.html