Tips-Tips Belajar di Jurusan Teknik Komputer

     

       Jurusan Teknik Komputer merupakan salah satu jurusan yang termasuk dalam bidang teknik, dan seringkali memang masuk dalam fakultas teknik di universitas-universitas di seluruh dunia. Tentu saja, seperti jurusan teknik lainnya seperti Teknik Industri, Mesin, Sipil dan lainnya, Teknik Komputer juga merupakan program studi yang terkenal tidak mudah.

       Kesulitan seringkali dihadapi baik mahasiswa baru maupun senior yang memang masih belum membiasakan kegiatan belajar dengan baik. Kesulitan yang dihadapi seringkali berkaitan dengan cara belajar dan mindset yang digunakan untuk menyerap ilmu yang diberikan. Mungkin approach pelajaran yang salah, atau bahkan motivasi yang kurang, sehingga mengurangi efektivitas belajar. Apapun masalahnya, kita harus menyingkirkan hal-hal tersebut untuk belajar sehingga kita mendapatkan nilai yang maksimal.

            Berikut ini adalah tips-tips yang dapat membantu Anda kuliah di jurusan Teknik Komputer. Perlu diingat bahwa tips-tips ini bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan, namun hanya sebagai referensi apabila Anda memerlukan bantuan, mengingat cara belajar setiap orang berbeda-beda.

Tips-tips belajar dalam jurusan Teknik Komputer:

  • Kerjakan latihan soal. Bahkan saat tidak perlu dikumpulkan. Jangan menyontek dari sumber-sumber lain, karena saat ujian datang, Anda akan pangling karena kurang latihan dan nilai Anda akan mencerminkannya. “Contekan” hanya akan membantu apabila digunakan untuk belajar dan menyelesaikan masalah, bukan latihan untuk ujian.
  • Kerjakan soal yang susah. Begitu Anda bisa mengerjakan suatu jenis soal, mulai kerjakan jenis soal yang lain. Dengan ini Anda dapat melatih diri.
  • SKS takkan membantu Anda. Anda perlu istirahat sebelum ujian agar Anda dapat berpikir dengan jernih. Istirahat yang paling baik sebelum ujian adalah tidur. Supaya mempunyai waktu yang cukup untuk istirahat, kerjakan tugas lebih awal, dan usahakan belajar dengan mencicil jauh-jauh hari.
  • “Nilai bagus tanpa usaha” tidak ada di kuliah. Ada usaha yang harus dikerahkan untuk menyerap bahan pelajaran. Harus ada waktu yang disisihkan untuk belajar. Kuliah sangat berbeda dengan SMA. Harus ada etika kerja dan disiplin yang dipelajari dan dipelihara.
  • Jangan absen. Usahakan masuk setiap ada kelas. Dengan begitu tidak ada pelajaran yang tertinggal. Jika nilai tidak cukup untuk menjadi motivasi Anda, pikirkan tentang biaya kuliah yang terbuang apabila Anda absen.
  • Catat pelajaran dalam kata-kata Anda sendiri. Hanya menyalin apa yang dosen terangkan hanya baik digunakan untuk referensi, namun tidak begitu membantu untuk belajar. Mencatat dalam kata-kata sendiri membuat Anda mengolah informasi dan membantu mempertahankannya.
  • Satu-satunya cara untuk belajar hanyalah dengan mengerjakan soal. Dalam beberapa jurusan tertentu, pelajaran dapat diserap dengan menghafal, namun tidak dengan Teknik. Dalam teknik, pelajaran hanya dapat diproses dengan berpikir kritis dan melakukannya. Kerjakan soalnya, dengan berbagai cara. Simulasikan rangkaian elektronik pada breadboard atau software Manfaatkan setiap resource yang dapat digunakan.

       Diharapkan tips-tips diatas mampu membantu Anda mengatasi masalah-masalah yang dihadapi. Teknik memang sulit, namun tidak mustahil. Akan ada tantangan, namun semuanya dapat diatasi dengan kegigihan dan kemauan untuk memperbaiki diri dan maju. Selamat menempuh masa-masa kuliah dan semoga sukses!

Nicholas