Manfaat Perkembangan Teknologi Komputer Dalam Kehidupan Harian

Oleh: Vadrick Ferdinand Fu – 2440034826

Perkembangan teknologi dan informasi telah mengalami perkembangan yang pesat yang masih terus berkembang sampai sekarang. BeragamĀ  teknologi yang saat ini kita rasakan tidak terjadi dalam sekejap mata. Teknologi dikembangkan dengan tujuan mempermudah kehidupan manusia, dan salah satu inovasi yang diciptakan adalah komputer. Di era modern ini, keberadaan komputer sangatlah penting. Komputer telah dianggap sebagai alat multifungsi yang sudah dipakai secara basis harian.

Teknologi komputer sekarang ini telah berkembang sangat pesat sehingga dapat dimanfaatkan sedemikian rupa hingga dapat membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih praktis. Adapun manfaat yang diberikan dari teknologi komputer sendiri dapat dilihat dari berbagai bidang berikut.

  • Komunikasi

Manfaat teknologi komputer dalam bidang komunikasi telah diterapkan sejak lama. Contohnya dapat kita lihat dari media sosial seperti Email, Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Sekarang ini komunikasi menjadi semakin mudah dengan adanya aplikasi chatting seperti Messenger, WhatsApp, LINE, dan sebagainya. Dengan adanya teknologi tersebut, kita hanya perlu hitungan detik untuk mengirim sebuah pesan.

  • Bisnis

Teknologi komputer dalam dunia bisnis telah membuka banyak peluang baru bagi pengusaha untuk membuat sebuah bisnis secara Online. Telah banyak kita lihat perusahaan Online seperti Tokopedia, Shopee, dan sebagainya yang memanfaatkan platform tersebut sebagai basis bisnisnya. Selain menguntungkan bagi perusahaan, hal ini juga dapat menguntungkan bagi kita sebagai konsumen karena kita dapat dengan mudah mencari barang dan jasa secara Online.

  • Pendidikan

Di dalam dunia Pendidikan, manfaat teknologi komputer dan informasi telah muncul dalam berbagai bentuk seperti pengolahan data, e-learning, bahkan website-website yang dapat membantu mencari solusi dari soal yang tidak dipahami. Dalam era pandemik sekarang ini, kita juga semakin memanfaatkan teknologi ini untuk belajar di kelas dari kenyamanan dan keamanan rumah masing-masing.

  • Kesehatan

Peran teknologi informasi komputer dalam bidang kesehatan berjasa dalam mempermudah manajemen klinik dan rumah sakit. Jika dulu staf harus mencatat riwayat kesehatan pasien secara manual dalam berkas, sekarang mereka dapat mengarsipkan semuanya di komputer. Selain itu, saat ada tamu yang mencari kamar atau meminta rincian biaya, staf dapat melakukan pencarian lebih cepat hanya dengan memasukkan data seperti nama pasien untuk mengakses database.

  • Perbankan

Perbankan adalah sebuah lembaga yang mendapatkan manfaat maksimal dari kehadiran teknologi komputer. Beberapa keuntungan yang telah diterapkan adalah transaksi e-banking melalui smartphone hingga pembuatan rekening secara Online. Kehadiran teknologi komputer juga telah membuat pendataan keuangan menjadi semakin mudah tanpa harus mencatat setiap transaksi yang dilakukan secara manual.

 

Sumber referensi:

https://dosenit.com/ilmu-komputer/komputer-dasar/manfaat-perkembangan-komputer