Membuat Keputusan yang Dukung Data: Penggabungan Statistika dan Data Science dalam Bisnis Modern

Perkembangan dalam bidang industri dalam pengelolaan menggunakan data terus menerus meningkat. Kasus yang dapat diambil adalah ketika bisnis yang dijalankan mendapatkan data dari pelanggan yang semakin hari semakin bertambah banyak dan memerlukan ahli untuk pengolahan data tersebut. Pekerjaan yang mengharuskan keahlian dalam bidang data biasa dikenal dengan data scientist. Data scientist merupakan pekerjaan yang bertugas untuk mengelola data yang diperoleh, lalu mengembangkan infrastruktur perusahaan yang dapat membantu pengambilan keputusan.Data scientist bisa disebut dengan orang yang mengerjakan data science.  

Data Science merupakan ilmu yang sering dibahas di kalangan umum dikarenakan ilmu ini merupakan ilmu yang sangat populer dan dapat diterapkan di berbagai bidang industri. Data Science sendiri merupakan penggabungan dari beberapa ilmu diantaranya keahlian dalam pemrograman, keahlian dalam bidang matematika dan tentu saja statistic. Biasanya orang yang sedang mempelajari data science ini harus mahir dalam menggunakan algoritma dalam machine learning atau yang sering kita sebut dengan pembelajaran mesin. Machine learning sendiri dapat berguna untuk mengolah teks,gambar,video,audio dan lainnya. 

Data science selalu disangkut pautkan dengan bidang statistika, karna dalam pengolahan data science sendiri, kita perlu mahir dalam ilmu statistiknya. Tetapi sebenarnya definisi dari ilmu data tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dibedakan dari perbedaan kata kunci berupa definisi keduanya. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, data science berfungsi untuk menggabungkan bidang multi-disiplin dan komputasi untuk menafsirkan data untuk pengambilan keputusan sedangkan statistika mengacu pada analisis matematis yang menggunakan model terkuantifikasi untuk mewakili sekumpulan data tertentu. 

Perbedaan selanjutnya adalah data science lebih berorientasi pada bidang data besar yang berupaya memberikan informasi wawasan dari volume besar data kompleks atau yang lebih dikenal dengan big data. Di sisi lain, statistik menyediakan metodologi untuk mengumpulkan, menganalisis, dan membuat kesimpulan dari data. Untuk menyaring dan mengkategorikan volume data yang besar, data science menggunakan alat,teknik dan juga prinsip ke dalam kumpulan atau model data yang dianggap tepat. Pada bidang statistika, biasanya kita menggunakan analisis frekuensi, mean, median sebagai alat yang digunakan untuk membatasi dirinya. 

Peran data science dan statistics sangat penting dalam memecah tantangan tantangan peradaban industri dalam banyak sektor seperti industri, publik, pemerintahan, sekolah, dst. Selain itu, data scientist juga turut diperlukan untuk menentukan strategi sebuah bisnis, pengembangan suatu produk, merancang keputusan bisnis, dan lain-lain. Data science sangat penting dimasa yang akan datang karena kebutuhan pengolahan data yang semakin besar. Dan sangat bermanfaat dalam bidang bisnis, salah satu manfaatnya adalah untuk meminimalisir risiko, profit sebanyak-banyaknya. Pemanfaatan data science dalam sektor bisnis dapat dibagi menjadi 6, antara lain hasil analisis yang lebih akurat, lebih efisien dan hemat waktu, membantu memahami pelanggan, meningkatkan kepuasaan customer, meminimalisir risiko, serta menciptakan produk yang berkualitas dan relevan.

Referensi:

Kayla Nur Khosyatillah Sudza