Manfaat Teknologi Big Data pada Bisnis Olshop

Selama beberapa tahun ke belakang, dunia IT digital mempunyai topik pembicaraan yang sangat hangat, yaitu big data. Big data sendiri merupakan pengertian dari sekumpulan data yang sangat besar dan kompleks sehingga data-data yang ada di dalamnya tidak bisa diproses secara tradisional. Teknologi, visualisasi dan analisis data merupakan teknik komponen utama dari big data. Big data saat ini banyak digunakan dalam berbagai macam industri, dikarenakan big data sendiri merupakan teknologi yang bisa meningkatkan kinerja bisnis.

Bisnis olshop atau kepanjangan dari online shopping merupakan sebuah bisnis yang dijalankan secara online melalui aplikasi atau e-commerce. Bergesernya perkembangan teknologi digital, transaksi jual beli bisa dilakukan secara online. Online shop merupakan sistem jual beli yang mempunyai banyak manfaat. Dengan perkembangan zaman yang ada pada saat ini, online shop merupakan model bisnis yang muncul. 

Big data punya manfaat yang besar bagi bisnis online sehingga tak heran banyak pebisnis yang mulai menekuni big data. Dalam dunia e-commerce yang sedang kita bahas kali ini, big data merupakan hal yang mempunyai peran penting dalam analisis konsumen sampai dengan inovasi produk. Dengan menggunakan big data, banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil di dalamnya, kita juga dapat mengolah data menjadi lebih bermanfaat karena kita sudah dapat menganalisis dengan sangat baik. 

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan adanya big data di dalam dunia e-commerce. Dengan cara memanfaatkan analisis big data untuk bisa menganalisis perilaku pembelian konsumen dalam konteks pasar yang sedang tren, kita dapat merancang strategi pemasaran yang langsung menembak preferensi konsumen, menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen, dan memastikan setiap karyawan mereka mampu memberikan pelayanan pelanggan sesuai yang diharapkan.

Manfaat lain yang dapat kita ketahui dengan adanya big data ini adalah kita dapat mengetahui pengalaman belanja yang lebih baik, dikarenakan ketika kita berbelanja dalam sebuah e-commerce, jumlah klik, jumlah produk yang kita masukan ke dalam keranjang akan dikumpulkan untuk dianalisis. Beberapa masalah yang biasa dihadapi seperti keranjang belanja yang ditinggalkan begitu saja atau mengurangi waktu untuk melakukan pembelian dapat diatasi dengan analisis big data. Selain dari manfaat yang telah di bahas diatas, manfaat dari analisis big data bagi perusahaan e-commerce adalah pembayaran online menjadi lebih aman dan mengoptimalkan harga dan meningkatkan penjualan. 

Referensi:

Kayla Nur Khosyatillah Sudza