Peran Statistika Dalam Biologi

Biologi berfokus pada kehidupan, statistik memberikan wawasan penting ke dalam banyak proses biologis. Konsep statistik dasar membantu ahli biologi mempersiapkan eksperimen dengan benar, memverifikasi kesimpulan, dan menginterpretasikan hasil dengan benar. Banyak program studi biologi memerlukan kursus biostatistik yang mencakup konsep-konsep seperti uji coba acak dan pengujian hipotesis. Berikut adalah fungsi statistik dalam biologi

Menetapkan Ukuran Sampel

Bagian penting dari setiap eksperimen biologis melibatkan pemilihan sampel yang tepat dan pemilihan jumlah percobaan yang tepat. Saat melakukan studi tentang apakah serangga lebih suka makan gula atau daun, misalnya, menggunakan sampel acak yang tepat dari kedua jenis makanan tersebut membantu mengendalikan faktor perancu.

Pengujian Hipotesis

Saat melakukan eksperimen dengan sampel besar, seorang ahli biologi harus memastikan bahwa kesimpulannya signifikan secara statistik. Salah satu eksperimen semacam itu mungkin melibatkan pemeriksaan apakah merokok menyebabkan kanker. Dengan memeriksa rata-rata dua kelompok yang merokok dan yang tidak seorang ahli biologi mungkin menemukan bahwa perokok lebih sering terkena kanker. Berarti, bagaimanapun, mencerminkan pusat distribusi data, dan pengujian hipotesis melibatkan pemeriksaan penyebaran distribusi itu.

Menafsirkan Analisis Data

Setelah menyelesaikan percobaan atau pengamatan, ahli biologi membutuhkan statistik untuk menarik kesimpulan yang tepat. Sebagai contoh, membandingkan data dari dua kelompok tanaman satu yang diberi pupukĀ  dan satu yang tidak. Seorang ahli biologi, misalnya, mungkin hanya mencatat tinggi rata-rata dari dua set tumbuhan ini dan menyimpulkan bahwa tumbuhan yang dipupukĀ  tumbuh lebih tinggi. Ini, bagaimanapun, tidak memperhitungkan ukuran statistik lainnya, seperti varians. Tanaman yang tidak diberi pupuk mungkin tumbuh kurang tinggi, tetapi mungkin tingginya bervariasi lebih luas daripada tanaman yang diberi pupuk, yang merupakan data penting untuk disampaikan dalam sebuah kesimpulan.

Perangkat Lunak Statistik

Kumpulan data yang sangat besar tidak dapat dengan mudah diproses dengan tangan. Dalam banyak situasi biologis, seperti dalam ekologi yang menggunakan ukuran sampel besar, menggunakan perangkat lunak statistik membuat pemrosesan data lebih praktis. Program data termasuk Stata; Statistical Analysis System, atau SAS; dan Statistical Product and Service Solution, atau SPSS Sebagian besar kelas statistik pengantar akan menggunakan produk perangkat lunak ini, yang dapat melibatkan pembelajaran bahasa pemrograman.

Richard Gregorius