Melihat Dampak Positif Musik Terhadap Kesehatan Mental

Tidak dapat kita pungkiri bahwa musik bak nadi dalam kehidupan kita. Ketika melakukan sesuatu tanpa adanya alunan lagu yang mengiringi, rasanya belum pas. Musik selalu berada di samping kita, baik di kala suka, maupun duka. Bahkan, studi menunjukkan bahwa musik membawa dampak positif bagi kesehatan mental seseorang. 

Menurut laporan terbaru dari the Global Council on Brain Health (GCBH), musik membawa dampak positif bagi kondisi emosional seseorang, meningkatkan suasana hati, menenangkan gangguan kecemasan, dan membantu menurunkan kadar stress. 

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa musik mengaktivasi berbagai daerah dalam otak, termasuk bagian-bagian yang berhubungan dengan emosi dan memori. Ketika kita sedang mendengarkan musik dengan suasana tertentu, otak akan menyimpan emosi dan memori baik yang terkait dengan musik tersebut. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa musik membawa manfaat bagi zat kimia dalam otak seperti dopamin, zat yang terkait dengan perasaan senang, dan oksitosin, yang biasa disebut dengan “hormon cinta.” Selain itu, terdapat bukti bahwa musik dapat menurunkan level dari hormon stress kortisol. 

Menurut survei yang dilakukan oleh AARP Music and Brain Health Survey pada 3,185 orang dewasa, musik membawa dampak positif yang kecil kepada kondisi mental, depresi, dan gangguan kecemasan.

Referensi:

https://www.aarp.org/health/brain-health/info-2020/music-mental-health.html

Cyntia Angelica