Rendahnya Indeks Literasi Keuangan Generasi Muda Indonesia

Literasi keuangan adalah pengetahuan dan keterampilan masyarakat terkait finansial agar mampu mengelola dan memanfaatkan keuangan secara maksimal. Dengan adanya literasi keuangan, masyarakat diharapkan memiliki bekal edukasi mumpuni terkait finansial sehingga mampu mengambil sikap dan memilih keputusan keuangan secara bijak.

Sedangkan pengertian literasi keuangan menurut OJK yaitu ilmu, keahlian, dan keyakinan yang mempengaruhi tingkah laku manusia sebagai bentuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan dan pengambilan keputusan sehingga tercapainya kesejahteraan hidup.

Indeks literasi keuangan generasi muda di Indonesia masih rendah. Dari data yang diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, terdapat 1,63 juta pelajar SMK yang lulus pada tahun 2021 dimana 57,49% di antaranya langsung bekerja dan 16,83% berwirausaha.

Sayangnya, generasi muda yang baru memiliki pendapatan sendiri ini tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan pengelolaan keuangan yang memadai.

Hal ini terlihat dari indeks literasi keuangan yang hanya 15,92%. Sedangkan rata-rata nasional sebesar 38,03%, bahkan generasi ini menjadi kelompok usia dengan indeks literasi keuangan yang paling rendah.

Padahal, literasi keuangan sangatlah penting karena literasi keuangan dianggap sebagai salah satu fondasi dalam kehidupan agar melek finansial. Jika literasinya tinggi, orang bisa mencapai berbagai tujuan keuangan dalam hidupnya. Tabungan pendidikan, dana pensiun, penggunaan utang yang benar, menjalankan bisnis, dll. Semuanya bisa dilakukan secara tepat karena ada literasi keuangan. Mereka pun tidak akan bermasalah dengan uangnya di masa depan.

Sebaliknya, ada pula orang yang buta finansial dan dipenuhi masalah keuangan dalam hidupnya. Mereka memiliki utang menumpuk, aset yang disita, penipuan saat berinvestasi, bahkan kebangkrutan. Buta finansial diakibatkan karena literasi keuangan yang cukup rendah, sehingga masa depan pun tidak terjamin.

Referensi

https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/07/15/literasi-keuangan

https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-354461987/indeks-literasi-keuangan-rendah-citi-indonesia-dan-pji-edukasi-pelajar-smk

https://www.okbank.co.id/id/information/news/pentingnya-literasi-keuangan-untuk-membangun-masa-depan

Richard Gregorius