Pertumbuhan Penduduk Indonesia yang Semakin Didominasi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z

Pernahkah kalian mendengar mengenai istilah mengenai Baby Boomers, Generasi X, Milenial (Y) ataupun Generasi Z? Tentu hal ini sudah tidak asing bagi sebagian kehidupan di masyarakat. Ya, istilah itu merupakan julukan bagi kelompok generasi yang lahir pada rentang waktu tertentu. 

Menurut Beresford Research, secara umum pengelompokan generasi dapat dikelompokan sebagai berikut: 

Baby Boomers: Generasi kelahiran 1946-1964 

Gen X: Generasi kelahiran 1965-1980 

Gen Y atau Milenial: Generasi kelahiran 1981-1996 

Gen Z: Generasi kelahiran 1997-2012 

Berdasarkan pengelompokan tersebut, ternyata Indonesia memiliki suatu fakta yang menarik, yaitu pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin didominasi oleh Generasi Milenial dan Z. Fakta pertumbuhan generasi milenial ataupun Z yang mendominasi Indonesia ini dikutip dari kompas.com dengan data yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan September 2020. Kutipan tersebut menyatakan bahwa, jumlah penduduk di Indonesia tercatat sebanyak 270,20 juta jiwa bertambah menjadi 32,56 juta jiwa dibandingkan dengan sensus penduduk pada 10 tahun yang lalu. Dimana jumlah ini pun didominasi oleh generasi Z dan milenial dengan presentasi untuk generasi Z sebesar 27,94% dan Generasi Milenial sebesar 25,87%. 

Berdasarkan fakta tersebut, apa peran yang dapat dilakukan oleh Generasi Milenial dan Generasi Z untuk Indonesia? 

Terdapat salah satu peran generasi muda dalam membentuk karakter bangsa. Seperti yang dikatakan oleh Bung karno “Beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia”. Dalam perkataan Bung Karno beliau menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan negara. Baik atau Buruknya suatu negara dapat dilihat berdasarkan kualitas dari generasi muda, karena generasi muda merupakan penerus serta pewaris bangsa. 

Generasi muda merupakan suatu potensi bagi kemajuan bangsa karena peran pemuda ini sangat penting dalam pembangunan untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa, terlebih pada era digital 4.0. Saat era digital 4.0 seperti sekarang, peran generasi muda sangat mempengaruhi bangsanya, baik dalam pengetahuan atau etika. Para Generasi muda ini nantinya akan merubah status bangsa, karena secara kualitatif generasi muda saat ini lebih kreatif,inovatif, energic,serta memiliki idealisme yang besar dalam perubahan. Generasi muda pun akan lebih bersifat kreatif dalam mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat terselesaikan dengan baik. 

Referensi :

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/23/163200065/indonesia-didominasi-generasi-milenial-dan-generasi-z-apa-plus-minusnya- 

https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/generasi-muda-masa-depan-bangsa-38 

IRA HANIFAH NUHA BALQIS