Penerapan Statistika dalam Bidang Industri

Apakah Anda pernah mendengar istilah “Data is The New Oil”? Seperti yang kita ketahui, dahulu minyak sangatlah penting. Istilah ini mengartikan kalau data adalah sebuah kekayaan yang sangat bernilai. Akan tetapi, sama seperti minyak, sebuah kekayaan yang sudah bernilai ini lebih baik untuk diolah lagi agar menjadi sesuatu yang lebih bernilai. Disinilah ilmu statistika sangat berperan dalam mengolah data ini.

Statisika adalah ilmu yang berhubungan dengan data. Berdasarkan penjelasan wikipedia, Statistika merupakan metode ilmiah dalam  mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan juga mempresentasikan data. Metode statistika digunakan untuk membantu pengambilan keputusan. Lalu, metode statistika ini juga dapat dimasukkan ke berbagai sistem. Melihat dari kegunaannya, tentunya, ilmu statistika sudah banyak diterapkan dalam berbagai bidang, seperti pada bidang insdustri.

Penggunaan metode statistik, pada bidang industri, tidak hanya menggunakan terapan dari  alat-alat statistik nya saja. Metode statistik juga digunakan sebagai pengendali proses industri yang dapat meningkatkan perfomansi dari sistem. Selain dalam hal pengontrolan prosesnya, metode statistik juga dapat diterapkan dalam manajemen industri, seperti riset pasar, perilaku konsumen, pengukuran produktivitas, dan perhitungan finansial. Penerapan metode statistik juga berfokus pada pengendalian kualitas dari suatu produk karena, pada bidang industri, kualitas menjadi faktor utama dalam keberhasilan.

Statistik sangat dibutuhkan dalam bidang industri karena beberapa penyebab, seperti perubahan perilaku konsumen, terbatasnya sumber alam, teknologi yang terus berkembang, dan limbah. Metode statistik dapat membantu dalam mengontrol produk agar produk memiliki kualitas yang diinginkan dengan biaya yang minimum. Lalu, jika metode statistik yang digunakan bersifat massal, efisiensi penggunaan bahan baku dan proses industri akan meningkat. Peningkatan ini akan memberikan dampak ekonomis bagi industri sehingga dapat membantu dalam hal persaingan global.

Penggunaan aplikasi statistik pada bidang industri lebih lama digunakan dibandingkan bada bidang lainnya. Akan tetapi, cukup banyak aplikasi statistik yang terkenal pada bidang industri. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal di bidang industri adalah aplikasi untuk survei dan kuesioner. Dengan menggunakan aplikasi survei dan kuesioner, tanggapan dan masukan mengenai produk terkait akan didapatkan. Lalu, tingkat kepuasan dari konsumen terhadap produk juga dapat diketahui.

Statistika yang digunakan pada bidang industri akan membantu pengontrolan proses, peningkatan perfomansi, dan aspek manajemennya. Selain metode statistiknya, aplikasi statistik juga digunakan pada bidang industri agar dapat mengetahui tingkat kepuasan dari konsumen. Bila industri ingin berhasil secara efektif dan efisien, lebih baik inustri tersebut memahami dan menerapkan statistika.

Referensi :

Bambang S, (2016, 22 Oktober) “ Statistika dalam Industri”. Diakses pada tanggal 20 November 2021 melalui https://bambangssp.blogspot.com/2016/10/statistika-dalam-industri.html

Fauzy, Ahmad, (200, 26 Juli) “Aplikasi Statistika dalam Meningkatkan Kualitas Industri”. Diakses pada tanggal 27 November 2021 melalui https://inis.iaea.org/collection/NCLCollectionStore/_Public/41/003/41003381.pdf

Jasons Januard Bongtari