Perkembangan Data Science di Indonesia: Tantangan dan Peluang

Pada era digital, banyaknya jumlah data  mengakibatkan munculnya istilah big data, yaitu sekumpulan data yang bervolume besar dan dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Big data melahirkan ilmu-ilmu baru, salah satunya adalah data science. Data science merupakan bidang ilmu yang menerapkan teknis menganalisis prinsip ilmiah untuk mengekstraksi informasi yang berguna dari kumpulan data. 

Dalam data science, big data  memberikan pengaruh besar karena memampukan kita menganalisis serta memvisualisasikan data dengan cepat dan akurat. Beberapa tahun terakhir, data science dan praktiknya telah mengalami perkembangan yang pesat, dibuktikan dengan metode ilmiah dan algoritma yang dapat digunakan untuk mengolah data kompleks. 

Semua data yang dihasilkan berasal dari perangkat mekanis dan digital laiknya transaksi daring. Data merupakan sesuatu yang sangat penting bagi lembaga dan bisnis. Data-data tersebut digunakan untuk mengetahui pola dan tren yang terjadi di era ini. Data science memegang peranan besar ketika diimplementasikan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan bisnis. Sebagai contoh, data science memberikan informasi tentang pola belanja pelanggan yang membantu perusahaan membuat kampanye pemasaran yang lebih efisien dan iklan bertarget guna meningkatkan penjualan produk.

Banyaknya perkembangan dalam bidang data science mengakibatkan banyak pula tantangan yang dihadapi oleh data scientist. Tantangan-tantangan tersebut seperti volume data yang besar menyebabkan data scientist kesulitan  mengolah data tersebut. Selain itu, adanya data yang masih kotor dan penuh dengan missing value sehingga menyulitkan data scientist dalam mengolah data menjadi sebuah wawasan. Ada juga tantangan dalam etika dan keamanan yang dialami ketika mengolah data, karena data science berpotensi untuk memanipulasi orang atau kelompok. 

Data science memiliki peluang dan prospek yang sangat besar karena dianggap penting untuk dikuasai di era digital. Dengan adanya ilmu tentang data, perusahaan dapat memperoleh insight untuk  mengambil keputusan yang tepat dan menguntungkan. Selain itu, data science dapat digunakan untuk memperkirakan harga rumah dan memprediksi potensi penyakit seseorang di kemudian hari dengan machine learning

Referensi:

Kayla Nur Khosyatillah Sudza