Efektivitas Pembelajaran Ilmu Statistika dengan Metode Daring

Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang penting dan menjadi dasar bagi ilmu pengetahuan lainnya adalah Matematika. Ilmu Matematika ini sering digunakan dan penting sehingga ilmu ini sudah mulai dipelajari di sekolah sedini mungkin. Salah satu cabang dari ilmu matematika yaitu statistika. Ilmu statistika juga sering kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada era pandemic sekarang ini, sistem Pendidikan mengalami banyak perubahan dimana pembelajaran melalui daring atau pembelajaran jarak jauh. Beruntung pada masa kini, teknologi komunikasi sudah berkembang sehingga terdapat alternatif untuk pembelajaran baik di tingkat sekolah dasar sampai perguran tinggi. Namun, dengan kondisi sekarang ini pengajar dan kurikulum pun harus dapat beradaptasi karena keterbatasan pada masa pandemi. Sudah sekitar 2 tahun sejak pandemi terjadi dan sistem Pendidikan harus mampu beradaptasi agar pelajar mampu menerima pembelajaran dengan baik.

Metode pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi ini yaitu melalui chatting, e-mail, atau video conference. E-mail dan chatting memungkinkan pelajar dan pengajar berkomunikasi tidak langsung sedangkan video conference pelajar dan pengajar dapat berkomunikasi secara langsung melalui koneksi internet.

Salah satu metode yang sering digunakan untuk sarana komunikasi adalah Zoom meeting, Google Meets, Whatsapp Group, dan lainnya sesuai institusi masing-masing.

Terdapat penilitian untuk menganalisa efektivitas pembelajaran dengan Whatsapp Group yang dilakukan diunggah oleh Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Berikut kekurangan dan kelebihan yang terjadi melalui metode pembelajaran WA group.

Kelebihan:

  1. Siswa dapat langsung mendapatkan respon atas pertanyannya sehinga mudah dipahami dan lebih efektif
  2. Mahasiswa dapat dengan aktif menyelesaikan soal Latihan
  3. Materi pembelajaran yang dapat berupa power point, gambar, video, atau catatan dapat diakses dengan mudah
  4. Dapat menjadi sarana diskusi antar mahasiswa dan dosen
  5. Hemat kuota internet
  6. Materi pembelajaran yang dikirimkan pada group dapat dengan mudah disimpan oleh mahasiswa

Kekurangan:

  1. Lokasi yang berbeda antar mahasiswa dan dosen bergantung pada koneksi internet yang dapat mengalami gangguan sinyal sehingga memungkinkan untuk ketinggalan pelajaran
  2. Banyaknya memori yang dibutuhkan untuk saling mengirim file pembelajaran
  3. Chat yang menumpuk jika sudah banyak menjadikan sulit dan lama untuk mengakses file yang diunggah pada awal group

Dari uraian di atas, dapat dikatakan pembelajaran statistika cukup efektif jika dinilai dari hasil belajar mahasiswa. Setelah menggunakan Whatsapp Group hasil pembelajaran mahasiswa lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Sumber:

https://www.kompasiana.com/riyandafani/5f2e6e94097f3641d74297f2/pembelajaran-ilmu-statistika-menggunakan-metode-daring-ditengah-pandemi-covid-19-efektifkah?page=all#section1