Statistika?? Pasti Kamu Pernah Pakai

Penulis: Melinda, Ebiet Salim Pratama

Hai para pembaca…

Artikel kali ini, kami akan membahas tentang kegunaan statistika di kehidupan sehari-hari. Kami tahu bahwa di benak para pembaca sekalian bahwa statistika adalah mata pelajaran yang rumit, susah, dan bikin kepala botak. Tetapi, jangan salah. Sebenarnya kita sering menggunakan ilmu-ilmu statistika sederhana.

Penerapan statistika yang paling kelihatan adalah saat kita bermain permainan yang menggunakan koin atau dadu. Saat dadu atau koin tersebut dilempar, pasti kita dapat menghitung peluang mata dadu atau mata koin yang nantinya akan keluar.

Dan yang paling kelihatan terpakai adalah saat kita melakukan bisnis. Pasti dalam berbisnis, kita akan mencari keuntungan. Nah, dalam mencari keuntungan tersebut, kita sudah menggunakan ilmu statistika. Selain di bidang bisnis, statistika juga terpakai di bidang industri lho. Contohnya berapa jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari, apakah perlu melakukan pengembangan atau menambah varian produk baru, perlu tidak memperluas cabang, dan lain sebagainya.

Nah dari uraian di atas, kita sudah tahu bahwa statistika memiliki banyak manfaat. Maka dari itu, janganlah tanamkan mindset susah tentang statistika. Tanamkanlah mindset yang menyenangkan karena statistika memang sering dipakai di dunia ini.

Salam Statistika!!!