Orientation and Transition Program

Mungkin kalian yang sering mendengar kata-kata OTP, namun OTP bukanlah One Time Password, melainkan orientasi dan program transisi. Apa itu? OTP adalah rangkaian kegiatan selama FYP (First Year Program), yang berisi pengenalan kegiatan akademik dan non-akademik. Pada bagian akademik, akan memperkenalkan kurikulum, pengetahuan dasar terhadap jurusan yang dipilih, dan keterampilan menulis ilmiah dan membaca literatur. Sementara pada bagian non-akademik berupa nilai-nilai teguh di lingkungan BINUS, kesadaran sosial sekitar, dan sistem perkuliahan di BINUS.

Selain itu, kegitan ini juga akan diadakan minggu perkenalan lebih dekat dengan BINUS, yaitu WoW (Week of Welcoming). Juga nanti akan diadakan Inagurasi, tujuan dari acara tersebut adalah upacara peresmian menyambut Binusian sebagai mahasiswa resmi yang juga akan menampilkan beberapa seniman dari ibu kota.

Untuk acara terakhir, ada Academic Experience dan Excellence Program. Untuk Academic Experience, Binusian akan diperkenalkan dengan Ketua Jurusan dan Jajarannya, serta memperkenalkan hasil karya dari alumni jurusan. Acara ini juga memperkenalkan fasilitas apa saja yang menjadi penunjang selama kegiatan kuliah berlangsung. Untuk Excellence Program, Freshmen akan dibimbing dengan Freshmen Partner. Freshmen Partner serupa dengan Freshmen Leader, perbedaannya hanya Freshmen Leader saat Orientasi awal dan Freshmen Partner saat Excellence Program berlangsung. Dalam acara ini, Freshmen Partner akan mendampingi Freshmen dalam meningkatkan softskill selama dua semester awal, tujuannya agar Freshmen dapat beradaptasi dengan lingkungan kuliah dan kerja sama dalam menyelesaikan sebuah perkara ataupun tugas.