Statistika dalam Piala Dunia

Piala Dunia adalah Turnamen sepakbola internasional empat Tahunan yang diikuti oleh Tim Nasional Pria asosiasi FIFA. Turnamen ini telah diadakan sejak tahun 1930 hingga saat ini , namun sempat terhenti pada tahun 1942 dan 1946 oleh karena Perang Dunia Ke-II. Turnamen ini diikuti oleh 32 tim yang telah lolos dari babak Kualifikasi Piala Dunia. Sampai saat ini, 20 Turnamen Piala dunia telah dimenangkan oleh delapan tim nasional yang Berbeda. Namun hal itu tidak mengindikasikan bahwa Turnamen Piala Dunia akan didominasi oleh pemegang gelar terbanyak. Percaya atau tidak dalam turnamen piala Dunia sepak bola sering terjadi hal-hal unik yang dapat dikatakan sebagai kutukan , baik yang menimpa pemain maupun suatu Tim Nasional . salah satu contoh Kejadian aneh yang terjadi di Piala dunia adalah Kutukan Juara bertahan Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2014, sang juara Piala Dunia 2010 yakni Spanyol harus tersingkir hanya dalam 2 laga penyisihan grup. Saat itu Spanyol tampil buruk dan dipermalukan Belanda dengan Skor 5-1 dan tak hanya itu, Spanyol juga dikalahkan oleh Chile dengan skor 2-0. Contoh Lain adalah Prancis selaku Juara Piala Dunia 1998 yang tak Lolos fase grup Piala Dunia berikutnya serta Italia selaku juara Piala Dunia 2006 harus menelan pil pahit saat tak Lolos dari fase Grup piala Dunia 2010.

Statistik sendiri merupakan salah satu bagian penting dalam dunia olahraga, salah satunya adalah sepakbola. Melalui pendekatan ilmu statistik, para pelatih klub-klub besar dapat melakukan analisa tindakan yang perlu dilakukan agar timnya bisa meraih kemenangan. Kualifikasi Piala Dunia Telah dilaksanakan untuk menentukan ke-32 Tim Nasional yang akan saling bertarung untuk memperebutkan gelar juara Piala Dunia. Ke 32 Tim Nasional tersebut adalah Rusia, Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, Islandia, Serbia, Portugal, Prancis, Kroasia, Swiss, Swedia, Denmark, Iran , Jepang, Korea Selatan , Arab Saudi , Australia , Brazil, Uruguay, Argentina, Kolombia, Peru, Meksiko, Kosta rika, Panama, Nigeria, Mesir, Senegal, Tunisia , Dan Maroko. Piala Dunia 2018 yang bakal diadakan di Rusia memang masih menyisakan sekira enam bulan lagi. Namun, dengan segala drama dan emosi yang bakal tersaji di pesta sepakbola terakbar di dunia itu, wajar jika banyak para pencinta sepakbola yang sudah tak sabar menantikan digelarnya Piala Dunia 2018. Karena itu, Banyak pihak yang mulai memprediksi tim nasional manakah yang akan memenangkan Turnamen Piala Dunia tersebut . Sebab, setidaknya ada lima tim yang memiliki peluang besar menjadi juara di Piala Dunia 2018 Rusia:

 

  • Portugal

 

Portugal secaramengejutkan mampu keluar sebagai juara Piala Eropa 2016 dengan mengalahkan Prancis di partai final. Di Ranking FIFA saat ini Portugal menduduki posisi ke-3. Dalam Fase kualifikasi piala dunia , Portugaltampil konsisten dengan memenangkan 9 dari 10 pertandingan. Portugal hanya kalah satu kali saat berhadapan dengan Swiss dengan skor 2-0. Jadi bukan tidak mungkin bahwa Portugal akan mengangkat trofi Piala dunia tahun Ini.

  • Argentina

Argentina memang tertatih-tatih untuk bisa mendapatkan satu tiket menuju Rusia. Pasalnya, Argentina sempat nyaris gagal mentas di Piala Dunia 2018 lantaran gagal menunjukkan penampilan mengesankan di babak kualifikasi zona Amerika Selatan. Statistik Argentina di Piala dunia adalah 7 Kali menang, 7 Kali Seri dan 4 kali kalah dari total 18 Pertandingan kualifikasi piala dunia . Argentina sendiri berada di posisi ke – 3 saat kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Di Ranking FIFA saat ini Argentina berada di Posisi ke-4. Argentina memiliki peluang yang cukup baik untuk memenangkan piala dunia

  • Prancis               Prancis boleh saja gagal jadi juara ketika menggelar Piala Eropa 2016 setelah kalah 0-1 dari Portugal. Akan tetapi mereka memiliki peluang besar membayar kegagalannya itu dengan membawa pulang trofi Piala Dunia dari Rusia pada tahun ini. Masuknya Prancis sendiri dalam daftar ini bukan tanpa alasan yang kuat. Pasalnya, Prancis sudah menemukan sosok generasi emas baru mereka. Statistik Prancis di kualifikasi piala dunia adalah 7 kali Menang, 2 kali hasil Seri dan 1 kali kalah dari 10 Pertandingan. Di Ranking FIFA saat ini Prancis berada di posisi ke-9. Prancis pun menjadi salah satu tim favorit pemenang piala dunia tahun ini.
  • Brazil

Dengan status sebagai pemilik gelar juara Piala Dunia terbanyak, sungguh aneh jika Brasil tidak masuk dalam daftar ini. Terlebih, Brasil menjadi salah satu tim paling awal memastikan satu tempat ke Piala Dunia 2018 selain sang tuan rumah Rusia. Selain itu, Brasil sendiri saat ini memiliki skuad yang cukup kuat di setiap lininya. Pada saat ini skuad Brasil pun bisa dikatakan skuad yang lebih matang dengan kisaran usia 26-29 tahun pada pemainnya. Statistik Brazil di Kualifikasi Piala dunia adalah 12 kali Menang, 5 kali hasil Seri dan 1 kali kalah dari 18 Pertandingan. Di ranking FIFA saat ini , Brazil berada di posisi ke-2 berada 1 tingkat dibwaha Jerman yang ada di posisi pertama. Dengan segala fakta itu, sangat patut dinantikan kiprah Brasil di Piala Dunia 2018.

  • Jerman

               Sama halnya dengan Prancis, Jerman boleh saja gagal total di Piala Eropa 2016. Akan tetapi hal itu tidak bisa menjadi tolok ukur terhadap kiprah mereka di putaran final Piala Dunia 2018. Terlebih Jerman sendiri berstatus sebagai juara bertahan. Statistik Jerman Pada saat kualifikasi piala dunia 2018 adalah tak terkalahkan dari 10 pertandingan yang dilakoni. Di ranking FIFA , Jerman menduduki peringkat Pertama. Hal – hal tersebut makin meningkatkan peluang Jerman keluar sebagai juara di Turnamen Piala dunia 2018 di Russia. Dapat kita nantikan apakah jerman dapat mempertahankan Gelar juara bertahan yang dimilikinya.

 

 

 

 

 

 

Billy dan Jeremy