Bukan Tapi Melainkan Pasti

Pada 20 Mei 1908, beberapa tokoh pemuda mulai membentuk sebuah organisasi yaitu Budi Utomo. Organisasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo ini bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia yang mana sebelumnya, negara Indonesia tidak memiliki kesadaran untuk memperjuangkan negaranya. Sebuah keputusan yang sangat besar dari para pendiri organisasi yang terbentuk 110 tahun yang lalu, keputusan yang dapat mempengaruhi seluruh rakyat Indonesia. Namun bagaimana jika pada saat itu mereka tidak membentuknya? Bagaimana jika masih banyak kata tapi yang terucap oleh mereka?

Terkadang dalam mengambil suatu keputusan, kita terlalu lama memikirkannya. Banyak sekali halangan yang kita hadapi dalam mengambil keputusan itu dan akhirnya kitapun mengeluh. Misalkan ketika kita mau mulai membuka sebuah usaha sendiri, kita pasti memikirkan banyak hal padahal bisa saja orang lain sangat mendukung kita.
“Tapi kalau ngga laku gimana?”
“Tapi aku ngga ada modal.”
Dan akhirnya ide yang kita pikirkan itupun didahului oleh orang lain.

Bagaimana kalo kita mengubah pola pikir kita yang penuh dengan tapi itu menjadi pasti?
“Pasti laku! Kan tempatnya strategis, banyak anak kampus yang tinggal di sekitar.”
“Pasti dapet modal! Kita bikin proposalnya sekarang, lalu cari investor.”

Memang benar bahwa masalah-masalah yang ada itu perlu kita pikirkan, namun perlu dengan cepat kita cari solusinya. Jika kita selalu terus menerus menambah masalah yang ada (tapi) tanpa membuat suatu solusi (pasti), kita akan selalu terhambat tanpa bisa membuahkan hasil. Mulai ubah pola pikir kita dengan pasti!!

Irwan dan Thomas