Internet, Milik Semua Orang ?

Di masa kini, internet sudah menjadi suatu kebutuhan sehari-hari yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Internet menjadi salah satu sumber utama bagi orang-orang di seluruh dunia dalam mencari informasi maupun berkomunikasi dengan sesama. Keterjangkauan seluruh lapisan masyarakat terhadap akses internet pun menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh sebuah negara.

Sebuah data yang disajikan oleh lembaga Hootsuite dan we are social menunjukkan bahwa penetrasi internet di Indonesia baru mencapai angka 56%. Dengan kata lain, sebanyak 44% penduduk Indonesia belum memiliki akses terhadap internet. Angka ini sangat berbanding jauh dibandingkan dengan negara-negara seperti Jepang, dengan tingkat penetrasi internet 94%, maupun dengan negara tetangga Indonesia sendiri, Singapura, dengan tingkat penetrasi internet 84%.

Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan tingkat penetrasi internet di Indonesia masih berkisar di angka 50% ? dan sekiranya, solusi apa yang dapat membantu meningkatkan akses internet di Indonesia ?

Menurut Larry Ridwan, CEO Net1 Indonesia, salah satu penyebab sulitnya memperoleh akses internet, terutama di daerah pelosok, adalah kondisi medan yang variatif. Membangun jaringan internet di daerah pegunungan, pelosok, maupun pantai tentu tidak semudah membangun jaringan internet di perkotaan.

Selain itu juga, persebaran populasi penduduk yang tidak merata turut menjadi pertimbangan berat dalam pembangunan jaringan internet. Jika dilihat dari aspek bisnis, tentu para Internet Service Provider akan berpikir dua kali sebelum membangun infrastruktur jaringan di daerah-daerah pelosok yang penduduknya tidak begitu banyak.

 

Dalam rangka meningkatkan tingkat penetrasi internet di Indonesia, ada beberapa solusi yang dapat dipertimbangkan untuk dilakukan. Salah satunya adalah sosialisasi di daerah-daerah pelosok mengenai kegunaan internet dan pemanfaatan internet yang baik. Kesiapan penduduk dalam menggunakan internet juga perlu diperhatikan, agar apabila akses internet sudah diperoleh, penduduk dapat memanfaatkan internet tersebut dengan sebaik mungkin.

Dari pihak pemerintah pun sudah ada upaya pemerataan akses internet. Salah satunya adalah proyek pembangunan Palapa Ring. Palapa Ring adalah sebuah proyek pembangunan infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik sepanjang 36.000 km yang menghubungkan seluruh Indonesia dan memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi.

Dengan dibangunnya infrastruktur seperti Palapa Ring, penyedia jasa internet hanya perlu menyambungkan jaringan mereka dengan Palapa Ring, dan dengan demikian, selain dapat menyediakan akses internet berkecepatan tinggi, proses perluasan jaringan mereka akan menjadi lebih mudah dan lebih murah.

Kami percaya bahwa internet adalah milik semua orang. Jika dimanfaatkan dengan benar, dampak positif yang diberikan internet dapat membuahkan hasil yang luar biasa bagi kehidupan kita. Karenanya, akses internet yang merata begitu penting agar kita sebagai umat manusia dapat bersama-sama merasakan manfaat dari internet.

 

Georgius Andrian Halim
Felicia Putri Maharani Tanjung

 

Source :

https://inet.detik.com/telecommunication/d-4038505/tantangan-bangun-jaringan-internet-di-pedesaan

https://wearesocial.com/global-digital-report-2019

https://inet.detik.com/telecommunication/d-2886327/akses-internet-belum-merata-bagaimana-solusinya

https://republika.co.id/berita/pw9eil370/pemerataan-sinyal-dan-pesatnya-ekonomi-digital