Analisis Regresi, Keren dan Bermanfaat

artikel 4

Oleh : Ebiet Salim Pratama

Hello semua!!!
Mungkin bagi pembaca yang belum mengenal lebih dalam tentang ilmu statistika, pasti masih awam dengan judul di atas. Tapi bagi yang sudah mendalami ilmu statistika, pasti sudah mempelajari atau bahkan sudah expert mengenai hal ini. Nah di artikel edisi kali ini, kami akan mengenalkan kepada kalian tentang analisis ini.
Secara garis besar, analisis regresi adalah metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara 2 hal. Hal di sini biasa disebut sebagai variabel. Selain itu analisis regresi juga bisa digunakan untuk memprediksi apakah variabel satu berpengaruh ke variabel lain.
Di analisis regresi, minimal harus ada 2 variabel yang digunakan untuk melakukan analisis.

Variabel pertama adalah variabel bebas atau yang biasa disebut dengan X dan variabel yang kedua adalah variabel respon / tak bebas / terikat yang disimbolkan dengan Y. Variabel bebas adalah variabel yang ditentukan oleh peneliti. Sedangkan variabel terikat / tak bebas adalah variabel yang nilainya bergantung ke nilai variabel bebas. Contoh sederhananya adalah sebagai berikut pengaruh jumlah jam belajar terhadap IPK mahasiswa. Dari contoh ini dapat kita simpulkan bahwa variabel bebas (X) adalah jumlah jam belajar dan variabel terikatnya (Y) adalah IPK mahasiswa.
Bagaimana? Merasa tertarik belajar analisis ini? Susah? Jawabannya tergantung kepada orangnya sendiri. Apabila kita tidak mau belajar dan tidak mau berusaha, maka semua rintangan serta hal-hal yang akan dia hadapi akan selalu terasa susah. Dan apabila kita menghadapinya dengan positif dan selalu semangat, maka Tuhan pasti akan menyempurnakan hasil usaha dan kerja kerasmu.
Sekian dan Salam Statistika!!!