Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

PHP

Sumber Gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/File:PHP-logo.svg.

          Hai teman-teman! Beberapa hari yang lalu kita sudah membahas tentang HTML, sekarang kita akan membahas tentang PHP atau nama lainnya adalah Hypertext Preprocessor. PHP bisa kita ibaratkan sebagai pelengkap dalam website apabila kita ingin membuat website yang lebih dinamis. Bisa dibilang website yang dibuat menggunakan HTML hanya bersifat statis sedangkan yang dibuat menggunakan PHP akan lebih dinamis. Nah, bagi kalian yang sudah menguasai HTML tidak ada salahnya untuk mempelajari PHP.

PHP adalah bahasa pemrograman website yang bersifat server side berbeda yang HTML yang bersifat client side. Server side itu sendiri merupakan pemrograman yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server. Maksudnya adalah, setiap website dikunjungi makan server akan mengirimkan data-data yang ada di database website tersebut yang kemudian akan ditampilkan ke website tersebut.

PHP mempunyai banyak fungsi yang tentu saja tidak akan saya bahas semua. Selebihnya anda bisa pelajari lebih banyak fungsi PHP di luar sana. Fungsi dasar PHP misalnya untuk mencetak tulisan.

 

Maka yang akan tercetak adalah Hello World di dalam browser anda. Untuk mengetes apakah codingan PHP anda berjalan atau tidak, anda harus menggunakan XAMPP atau web server lain.

         Sekian untuk artikel singkat saya ini, semoga bermanfaat dalam pembelajaran pemrograman website anda ke depannya. Terima kasih.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :