Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

User Research Techniques

Hallo teman-teman pada kali ini kita akan membahas tentang beberapa User Research Techniques. Yuk kita simak bersama-sama 🙂

User Research berfokus pada pemahaman perilaku user, kebutuhan, dan motivasi melalui teknik observasi, analisis tugas, dan metodologi umpan balik lainnya. Jenis user research yang dapat kita lakukan tergantung pada jenis situs, sistem atau aplikasi yang sedang dikembangkan, waktu, dan lingkungan.

  • User Interview adalah percakapan terstruktur dengan user yang ada pada saat ini atau kemampuan sebuah situs . User Interview dapat dilakukan melalui telepon, web video conferencing, dan beberapa kegiatan face-to-face (antarmuka) lainnya.
  • Contextual inquiry (CI) adalah suatu metode penelitian desain yang berfokus pada user  atau biasa disebut dengan User-Centered Design (UCD). Contextual inquiry  menggabungkan pengamatan user dengan teknik interview.
  • Surveys (Survei) adalah sekumpulan pertanyaan yang diajukan untuk beberapa user dari sebuah situs, membantu user belajar tentang orang-orang yang mengunjungi situs tersebut.
  • Focus Groups. Tujuan dilakukannya Focus Group, yaitu untuk memperoleh opini tentang topik yang relevan dengan beberapa organisasi, perusahaan atau brand tertentu. Moderator berdiskusi dengan sekelompok user, yang memungkinkan kita untuk belajar tentang sikap user, ide, dan keinginan.
  • Card Sorting adalah metode yang digunakan untuk membantu desain atau mengevaluasi arsitektur informasi dari sebuah situs dan memastikan bahwa struktur situs sesuai dengan cara berpikir user.
  • Usability Testing adalah aktivitas yang berfokus pada pengamatan atau penelitian ketika user menggunakan sebuah produk, menunjukkan pekerjaan-pekerjaan yang nyata dan berarti.

Sekian pembahasan artikel tentang User Research Techniques. Semoga bermanfaat! 🙂

Source:  https://www.usability.gov/what-and-why/user-research.html

Bintang Eka Putra